HUBUNGAN MINAT, MOTIVASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI KELAS XI AKUNTANSI SMKN 1 BOYOLANGU

atih wilupi


DOI: https://doi.org/10.29100/insp.v15i2.407

Abstract


Di kelas XI Akuntansi SMKN 1 Boyolangu ditemukan sebagian siswa kurang berminat, kurang termotivasi,  kemandirian  mereka  ditemukan  kurang  dalam  kegiatan  belajar  mengajar,  di  samping  itu melihat dari prestasi siswa ada yang kurang sehingga penulis tertarik untuk mengadakan penelitian. Dari penemuan hal tersebut hipotesis yang penulis sajikan adalah untuk menjawab masalah: Apakah terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar, motivasi belajar, kemandirian  belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Akuntansi SMKN 1 Boyolangu?. Berdasarkan hasil analisis dalam penelitian ini, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: 1) Ada hubungan yang signifikan antara minat belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Akuntansi SMKN 1 Boyolangu. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikan sebesar 0,000. 2) Ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Akuntansi SMKN 1 Boyolangu. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikan sebesar  0,013. 3) Ada hiubungan yang signifikan antara kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Akuntansi SMKN 1 Boyolangu . Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikan sebesar 0,032. 4) Ada hiubungan yang signifikan antara minat belajar, motivasi belajar dan kemandirian belajar  terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Akuntansi SMKN 1 Boyolangu. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikan sebesar 0,000.


Article Metrics :

References


Slameto. 2003. Belajar dan Faktor- Faktor yang

Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Paturusi. 2012. Manajemen Pendidikan Jasmani dan

Olah Raga. Jakarta: Rineka Cipta.

Saefullah, dkk, 2013. Hubungan Antara Sikap kemandirian Belajar dan Prestasi Belajar: Jurnal Wahana Pendidikan Fisika 1.