HUBUNGAN MINAT, MOTIVASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI KELAS XI AKUNTANSI SMKN 1 BOYOLANGU
Abstract
Di kelas XI Akuntansi SMKN 1 Boyolangu ditemukan sebagian siswa kurang berminat, kurang termotivasi, kemandirian mereka ditemukan kurang dalam kegiatan belajar mengajar, di samping itu melihat dari prestasi siswa ada yang kurang sehingga penulis tertarik untuk mengadakan penelitian. Dari penemuan hal tersebut hipotesis yang penulis sajikan adalah untuk menjawab masalah: Apakah terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar, motivasi belajar, kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Akuntansi SMKN 1 Boyolangu?. Berdasarkan hasil analisis dalam penelitian ini, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: 1) Ada hubungan yang signifikan antara minat belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Akuntansi SMKN 1 Boyolangu. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikan sebesar 0,000. 2) Ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Akuntansi SMKN 1 Boyolangu. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikan sebesar 0,013. 3) Ada hiubungan yang signifikan antara kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Akuntansi SMKN 1 Boyolangu . Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikan sebesar 0,032. 4) Ada hiubungan yang signifikan antara minat belajar, motivasi belajar dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Akuntansi SMKN 1 Boyolangu. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikan sebesar 0,000.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor- Faktor yang
Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Paturusi. 2012. Manajemen Pendidikan Jasmani dan
Olah Raga. Jakarta: Rineka Cipta.
Saefullah, dkk, 2013. Hubungan Antara Sikap kemandirian Belajar dan Prestasi Belajar: Jurnal Wahana Pendidikan Fisika 1.