PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 POGALAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Ida Puji Rahayu
Rahyu Setiani
Mahardini Resti Nuswantari


DOI: https://doi.org/10.29100/insp.v13i3.336

Abstract


Prestasi belajar dipengaruhi oleh faktor eksternal dan internal.
Kepercayaan diri dan disiplin belajar merupakan faktor internal yang penting.
Dengan percaya diri siswa akan mampu mengembangkan kemampuannya.
Sejalan dengan itu, dengan disiplin belajar kegiatan belajar mengajar akan
berjalan lancar, dan siswa akan lebih meningkatkan belajarnya guna
memperoleh prestasi yang diinginkan. Berdasarkan analisis data diperoleh (1)
terdapat pengaruh yang signifikan antara kepercayaan diri terhadap prestasi
belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pogalan tahun pelajaran
2015/2016, dengan besar F hitung sebesar 23,268 F tabel pada N = 60 dengan taraf
signifikansi 5% diperoleh sebesar 4,01 berarti H 0 ditolak dan H a1 diterima. (2)
terdapat penagaruh yang signifikan antaran disiplin belajar terhadap prestasi
belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pogalan tahun pelajaran
2015/2016, dengan besar F hitung sebesar 13,705 F tabel pada N = 60 dengan taraf
signifikansi 5% diperoleh sebesar 4,01 berarti H 0 ditolak dan H a2 diterima. (3)
terdapat penagaruh yang signifikan antara kepercayaan diri dan disiplin belajar
terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pogalan
tahun pelajaran 2015/2016, dengan F hitung sebesar 3,49 F tabel pada N = 60
dengan taraf signifikansi 5% diperoleh sebesar 3,16 berarti H 0 ditolak dan H a3
diterima. Dengan demikian hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa “Ada
pengaruh yang signifikan antara kepercayaan diri dan disiplin belajar
matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1Pogalan tahun pelajaran 2015/2016.
Kata Kunci: Disiplin belajar, Kepercayaan diri, Prestasi belajar

Article Metrics :