PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 POGALAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Abstract
Prestasi belajar dipengaruhi oleh faktor eksternal dan internal.
Kepercayaan diri dan disiplin belajar merupakan faktor internal yang penting.
Dengan percaya diri siswa akan mampu mengembangkan kemampuannya.
Sejalan dengan itu, dengan disiplin belajar kegiatan belajar mengajar akan
berjalan lancar, dan siswa akan lebih meningkatkan belajarnya guna
memperoleh prestasi yang diinginkan. Berdasarkan analisis data diperoleh (1)
terdapat pengaruh yang signifikan antara kepercayaan diri terhadap prestasi
belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pogalan tahun pelajaran
2015/2016, dengan besar F hitung sebesar 23,268 F tabel pada N = 60 dengan taraf
signifikansi 5% diperoleh sebesar 4,01 berarti H 0 ditolak dan H a1 diterima. (2)
terdapat penagaruh yang signifikan antaran disiplin belajar terhadap prestasi
belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pogalan tahun pelajaran
2015/2016, dengan besar F hitung sebesar 13,705 F tabel pada N = 60 dengan taraf
signifikansi 5% diperoleh sebesar 4,01 berarti H 0 ditolak dan H a2 diterima. (3)
terdapat penagaruh yang signifikan antara kepercayaan diri dan disiplin belajar
terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pogalan
tahun pelajaran 2015/2016, dengan F hitung sebesar 3,49 F tabel pada N = 60
dengan taraf signifikansi 5% diperoleh sebesar 3,16 berarti H 0 ditolak dan H a3
diterima. Dengan demikian hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa “Ada
pengaruh yang signifikan antara kepercayaan diri dan disiplin belajar
matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1Pogalan tahun pelajaran 2015/2016.
Kata Kunci: Disiplin belajar, Kepercayaan diri, Prestasi belajar
Kepercayaan diri dan disiplin belajar merupakan faktor internal yang penting.
Dengan percaya diri siswa akan mampu mengembangkan kemampuannya.
Sejalan dengan itu, dengan disiplin belajar kegiatan belajar mengajar akan
berjalan lancar, dan siswa akan lebih meningkatkan belajarnya guna
memperoleh prestasi yang diinginkan. Berdasarkan analisis data diperoleh (1)
terdapat pengaruh yang signifikan antara kepercayaan diri terhadap prestasi
belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pogalan tahun pelajaran
2015/2016, dengan besar F hitung sebesar 23,268 F tabel pada N = 60 dengan taraf
signifikansi 5% diperoleh sebesar 4,01 berarti H 0 ditolak dan H a1 diterima. (2)
terdapat penagaruh yang signifikan antaran disiplin belajar terhadap prestasi
belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pogalan tahun pelajaran
2015/2016, dengan besar F hitung sebesar 13,705 F tabel pada N = 60 dengan taraf
signifikansi 5% diperoleh sebesar 4,01 berarti H 0 ditolak dan H a2 diterima. (3)
terdapat penagaruh yang signifikan antara kepercayaan diri dan disiplin belajar
terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pogalan
tahun pelajaran 2015/2016, dengan F hitung sebesar 3,49 F tabel pada N = 60
dengan taraf signifikansi 5% diperoleh sebesar 3,16 berarti H 0 ditolak dan H a3
diterima. Dengan demikian hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa “Ada
pengaruh yang signifikan antara kepercayaan diri dan disiplin belajar
matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1Pogalan tahun pelajaran 2015/2016.
Kata Kunci: Disiplin belajar, Kepercayaan diri, Prestasi belajar
Full Text:
PDF HAL 119-135 (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.29100/insp.v13i3.336
DOI (PDF HAL 119-135 (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.29100/insp.v13i3.336.g178
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Program Studi Magister Pendidikan IPS
STKIP PGRI Tulungagung Jalan Major Sujadi Timur 7, Plosokandang, Kedungwaru Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66229 Telepon : (0335) 32142
E-mail: inspirasi@stkippgritulungagung.ac.id
p-ISSN :19072015
e-ISSN : 2686-3456