APRESIASI BUDAYA JAWA AKAN MEMBUKA SEMANGAT NASIONALISME SISWA STUDI PADA KEGAIATN EKSTRAKURIKULER KARAWITAN DI SMP NEGERI 6 TULUNGAGUNG
Abstract
Kata Kunci : Nasionalisme, Apresiasi, Budaya Jawa
Membuka semangat nasionalisme melalui pengapresiasian budaya jawa,
sangat diperlukan seperti karawitan yang diterapkan pada siswa–siswi di SMP
Negeri 6 Tulungagung. Hal ini dilakukan untuk mengfungsikan ekstrakurikuler
karawitan agar dapat membuka semangat nasionalisme generasi muda.
Fokus penelitian dalam hal ini: Bagaimana membuka semangat
nasionalisme siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler karawitan di SMP Negeri 6
Tulungagung? Faktor pendukung dan penghambat dalam membuka semangat
nasionalisme siswa melalui ekstrakulikuler karawitan? Tujuan penelitian ini
adalah untuk membuka semangat nasionalisme melalui pelaksanaan
ekstrakurikuler karawitan di SMP Negeri 6 Tulungagung. Mengetahui faktor
pendukung dan penghambat dalam membuka semangat nasionalisme siswa
melalui ekstrakurikuler karawitan di SMP Negeri 6 Tulungagung. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif, dimana peneliti adalah instrumen kunci
dengan teknik pengumpulan data dan teknik trianggulasi (gabungan), yakni
melalui wawancara terstruktur dengan daftar pertanyaan yang diajukan, observasi
Membuka semangat nasionalisme melalui pengapresiasian budaya jawa,
sangat diperlukan seperti karawitan yang diterapkan pada siswa–siswi di SMP
Negeri 6 Tulungagung. Hal ini dilakukan untuk mengfungsikan ekstrakurikuler
karawitan agar dapat membuka semangat nasionalisme generasi muda.
Fokus penelitian dalam hal ini: Bagaimana membuka semangat
nasionalisme siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler karawitan di SMP Negeri 6
Tulungagung? Faktor pendukung dan penghambat dalam membuka semangat
nasionalisme siswa melalui ekstrakulikuler karawitan? Tujuan penelitian ini
adalah untuk membuka semangat nasionalisme melalui pelaksanaan
ekstrakurikuler karawitan di SMP Negeri 6 Tulungagung. Mengetahui faktor
pendukung dan penghambat dalam membuka semangat nasionalisme siswa
melalui ekstrakurikuler karawitan di SMP Negeri 6 Tulungagung. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif, dimana peneliti adalah instrumen kunci
dengan teknik pengumpulan data dan teknik trianggulasi (gabungan), yakni
melalui wawancara terstruktur dengan daftar pertanyaan yang diajukan, observasi