PENERAPAN VIDEO EDITING BERBASIS SMARTPHONE UNTUK MENGAKSELERASI PROMOSI PRODUK UNGGULAN KAMPOENG KAJOETANGAN HERITAGE
Abstract
Pelaku usaha Kampoeng Kajoetangan Heritage memproduksi dan memasarkan produk unggulannya, dalam mempromosikan produk nya para pelaku usaha mempunyai kendala keterbatasan kemampuan dalam membuat media promosi yang menarik, mereka belum memiliki kemampuan yang bagus untuk memanfaatkan media digital seperti video. Media video ini merupakan tehnik yang strategis untuk menarik minat konsumen karena video merupakan media yang cocok di era digital ini, konsumen dapat melihat dengan bagus secara virtual dan imajinasi produk maupun jasa yang ditawarkan pelaku usaha. Hal ini membutuhkan upaya peningkatan kemampuan skill dalam melakukan editing video. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat dalam pelatihan editing vidio berbasis smartphone ini adalah metode ceramah dan praktek. Pelatihan ini dihadiri 20 peserta pelaku usaha produk unggulan Kampoeng Kajoetangan Heritage. Hasil dari kegiatan ini adalah pelaku usaha antusias dan semangat dalam berpraktek melakukan editing video, yang merupakan upaya untuk meningkatkan promosi produk mereka dengan harapan penjualan produk akan meningkat
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Altan, B., & Sunay, M. O. (2020). Optimal peer-to-peer network for streaming multimedia broadcast. Mathematical Social Sciences
Purwanto, A. (2015). Teknik Editing Video Dengan Multi Kamera. Jurnal DASI, 12(2), 19.
Setiabudi, D. H., Gunawan, I., & Mujianto, T. (2004). Prototipe Video Editor dengan Menggunakan Direct X dan Direct Show. Jurnal Informatika, 5(2), 95105.
Sharif-Ahmadi, S., & Arjomandi, F. (2019). U.S. Patent No. 10,341,721. Washington, DC: U.S. Patent and Trademark Office. https://koinworks.com/blog/membuat-video-promosi-untuk-produk-pelaku UMKM/
Widiarto, W. (2016). Peringkasan Konten Video Menggunakan Metode Berbasis Frame Kunci (keyframe). Jurnal Teknologi & Informasi ITSmart, 1(2), 82. https://doi.org/10.20961/its.v1i2.598