Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kepemilikan Manajerial Sebagai Variabel Moderating

Lailatuss Saadah

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menguji pengaruh Corporate Social Rresponsibility terhadap nilai perusahaan (2) untuk menguji pengaruh kinerja keuangan  terhadap nilai perusahaan, (3) untuk menguji pengaruh Corporate Social Rresponsibility terhadap nilai perusahaan dengan kepemilikan manajerial sebagai variabel moderating, (4) untuk menguji pengaruh kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan dengan kepemilikan manajerial sebagai variabel moderating. Populasi dalam penelitian adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2020. Metode yang digunakan untuk menentukan sampel adalah  purposive sampling, dengan sampel sebanyak 27 perusahaan. Metode analisis penelitian ini menggunakan regresi linier berganda dan analisis regresi moderasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Corporate Social Responsibility dan kinerja keuangan berpengaruh terhadap nilai perusahaan.. Kepemilikan manajerial mampu memoderasi Corporate Social Responsibility dan kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan.

Kata kunci : Corporate Social Responsibility, Kinerja   Keuangan, Nilai Perusahaan, Kepemilikan Manajerial


References


Anggitasari, N. (2012). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan CSR dan Struktur Good Corporate .

Ariska, I., & Utomo, M. N. (2021). Efek Mekanisme Good Corporate Governance dan Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Manajemen, 11(1)

Edmawati, Sri Dewi. 2012. Pengungkapan Informasi Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Dan Pengaruhnya Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan. Volume 3 Nomor 3. September 2012.

Fahmi, I. (2013). Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Fatimah, F., Mardani, R. M., & Wahono, B. (2019). Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kinerja Keuangan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Riset.

Gantino, R. (2016). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2008-2014. Jurnal Dinamika Akuntansi Dan Bisnis. https://doi.org/10.24815/jdab.v3i2.5384

Heder, & Priyadi, M. P. (2017). Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan dengan Good Corporate Governance sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 6, 1–25.

Heri. (2013). Akuntansi dan Rahasia Dibaliknya untuk Para Manajer Non Akuntansi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Humairoh, Fitri. (2017). Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Kepemilikan Manajerial terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderating pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2015. Jurnal Balance,15(2),162-188. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

Laras Surya Ramadhani dan Basuki Hadi Prajitno. (2012). “Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Prosentase Kepemilikan Manajemen Sebagai Variabel Moderating Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI”. Universitas Diponegoro.

Mahariana I Dewa Gede Pingga; I Wayan Ramantha, “Pengaruh Kepemilikan Manajerial dan Kepemilikan Institusional pada Manajemen Laba”, E Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 2014.

Purwanto, A. (2011). Pengaruh Tipe Industri, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Terhadap Corporate Social Responsiblity. Universitas Diponegoro.

Putri, H. C. M. P., & Raharja, S. (2013). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Kepemilikan Manajerial sebagai Variabel Moderating. Diponegoro Journal Of Accounting, 2, 1–15.

Putri, Z. B., & Budiyanto. (2018). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kepemilikan Manajerial Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 361–375.

Ramadhani, A. R., Purnamawati, I. G. A., & Sujana, E. (2017). Pengaruh Corporate Social Responsibility Dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating. E-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha, 7(1).

Rivandi, M. (2018). Pengaruh intellectual capital disclosure, kinerja keuangan, dan kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan. Jurnal Pundi, 2

Sari. (2013). Pengaruh Pengungkapan CSR terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 5(3).

Siahaan, Tiurma Rophininta, 2015. “Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Kinerja Keuangan Terhadap Nilai perusahaan Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di BEI”, Skripsi, Universitas Sumatera Utara.

Sukirni, D. (2012). Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Kebijakan Dividen Dan Kebijakan Hutang. Accounting Analysis Journal.

Sutedi, A. (2012). Good Corporate Governance. Jakarta: Sinar Grafika.

Wahyudi, H.D., Chuzaimah & Sugiarti, D. 2016. Pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, kebijakan deviden dan keputusan investasi terhadap nilai perusahaan. BENEFIT Jurnal Manajemen dan Bisnis 1 (2):156-164.

Widianingsih, D. (2018). Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Komisaris Independen, 72 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora, Vol 5(1) April 2021, h. 64-72 serta Komite Audit pada Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan CSR sebagai Variabel Moderating dan Firm Size sebagai Variabel. Jurnal Akuntansi Dan Pajak.

Wulandari. Agusta Amanda. (2015.) Dampak Moderasi Profitabilitas terhadap Pengaruh Corporate Social Responsibility pada Nilai Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Tesis Magister Akuntansi Program Pascasarjana Universitas Udayana




DOI: https://doi.org/10.29100/insp.v19i1.2846

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.29100/insp.v19i1.2846.g1241

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Magister Pendidikan IPS

STKIP PGRI Tulungagung Jalan Major Sujadi Timur 7, Plosokandang, Kedungwaru Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66229 Telepon : (0335) 32142
E-mail: inspirasi@stkippgritulungagung.ac.id

p-ISSN :19072015

e-ISSN : 2686-3456