Interaksi Guru SD Untuk Membantu Siswa Mengonstruksi Pemahaman Konsep Matematika

Muhammad Ilman Nafi'an

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan interaksi expounding-quetioning guru SD untuk membantu siswa mengonstruksi pemahaman konsep operasi penjumlahan bilangan bulat. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksploratif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan interaksi, soal bilangan bulat dan pedoman wawancara. Subjek penelitian adalah satu siswa SD Qu Al Bahjah 03 Tulungagung kelas dua. Teknik pengumpulan data dengan pengamatan, tes dan wawancara. Untuk menguji keabsahan data digunakan triangulasi waktu, yaitu dengan mengambil data lagi pada waktu yang lain. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan adanya interaksi antara guru dan siswa, siswa dapat mengkonstruksi pemahaman pada operasi bilangan bulat. indikator siswa dapat mengkonstruksi pemahaman pada operasi bilangan bulat yaitu siswa dapat menghubungkan dengan benda konkrit, siswa dapat menerapkan pada situasi lain, siswa dapat memberikan contoh tetapi siswa tidak dapat menjelaskan definisi dari penjumlahan bilangan bulat.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.29100/insp.v11i19.272

DOI (PDF): https://doi.org/10.29100/insp.v11i19.272.g131

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Program Studi Magister Pendidikan IPS

STKIP PGRI Tulungagung Jalan Major Sujadi Timur 7, Plosokandang, Kedungwaru Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66229 Telepon : (0335) 32142
E-mail: inspirasi@stkippgritulungagung.ac.id

p-ISSN :19072015

e-ISSN : 2686-3456