PENGARUH GAYA MENGAJAR, MEDIA, DAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA SEMESTER 2 PRODI PGSD STKIP PGRI TULUNGAGUNG

susi susanti
sulastri rini rindrayani
susanto susanto


DOI: https://doi.org/10.29100/insp.v13i2.258

Abstract


Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar dosen terhadap hasil belajar mahasiswa semester 2 program studi PGSD STKIP PGRI Tulungagung. (2) untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran (media power point) terhadap hasil belajar mahasiswa semester 2 program studi PGSD STKIP PGRI Tulungagung. (3) untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Students Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar mahasiswa semester 2 program studi PGSD STKIP PGRI Tulungagung. (4) untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar, media dan model pembelajaran pembelajaran Students Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar mahasiswa semester 2 program studi PGSD STKIP PGRI Tulungagung.


Article Metrics :

References


Ali, Muhammad, 2014. Guru Dalam Proses BelajarMengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Arikunto, Suharsimi. 2013. ProsedurPenelitian: SuatuPendekatanPraktek (CetakanKelimabelas). Jakarta: RinekaCipta.

Dany WarihCahyono.2013.Pengaruh model kooperatif student teams achievement divisions (STAD) terhadap hasil belajar IPS tentang persiapan Kemerdekaan Indonesia, (online), http://download.portalgaruda.org/article.php?article=108361&val=4073, diakses 28 Maret 2016.

Daryanto, 2010.Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Febrian, Jack. 2004. Pengetahuan Komputer dan Teknologi Informasi. Bandung: Informatika.

Hamalik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakata: Bumi aksara.

Indra Agung Pamuja. 2013. Pengaruh media powerpoint dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar bidang studi geografi kd 3.2 menganalisis atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi kelas X SMANegeri 1 Lamongan. (online),Vol 3, No 3, (2014), http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/swara-bhumi/article/view/8862, diakses 28 Maret 2016.

Sanaky,Hujair AH. 2011.Media Pembelajaran: BukuPeganganWajib Guru Dan Dosen. Yogyakarta: Kaukaba

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar ProsesPendidikan . Jakarta: Kencana Prenada Media.

Slavin, Robert E. 2010.Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Sugandi, Achmad dan Haryanto. 2004. Teori Pembelajaran. Semarang: UPT MKK UNNES.

Sugiyanto. 2008. Model-Model PembelajaranInovatif. Surakarta: PanitiaSertifikasi Guru (PSG) Rayon 13 Surakarta.

Sulistyowati. 2008. Pengaruh Gaya Mengajar Dosen Dan Motivasi Belajar Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa (Studi Pada Rumpun Dosen Akuntansi Fakultas Ekonomi Um Pada Semester Gasal 2007/2008), (online),http://library.um.ac.id, diakses 28 Maret 2016.