PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR, MINAT SISWA, MOTIVASI BELAJAR, FASILITAS BELAJAR, DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS DI SDN 1 KARANGANOM KAUMAN KABUPATEN TULUNGAGUNG

sri ratna aisiyah
Hari Subiyantoro
susanto susanto


DOI: https://doi.org/10.29100/insp.v13i1.257

Abstract


Proses pembelajaran yang baik adalah suatu proses belajar yang bersifat interaktif untuk menghasilkan produk (hasil belajar) yang optimal. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi  ulangan harian siswa yang masih dibawah kriteria ketuntasan minimal dikarenakan perilaku kebiasaan belajar, minat belajar didalam kelas. Penelitian ini juga dilator belakangi kondisi Fasilitas Belajar dan Lingkungan Sekolah yang ada. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah Pengaruh Kebiasaan Belajar, Minat Belajar, Motivasi Belajar, Fasilitas Belajar dan Lingkungan Sekolah  Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di SDN 1 Karanganom Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung?.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui   Pengaruh Kebiasaan Belajar, Minat Belajar, Motivasi Belajar, Fasilitas Belajar dan Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Siswa. 


Article Metrics :

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi, 2008, Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi, Jakarta : Bumi Aksara

Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri, 2006, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : Rineka Cipta

Slameto, 2003 Belajar Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri, 2002, Psikologi Belajar . Jakarta: PT. Rineka Cipta

Winkel, 1984, Psikologi Pendidikan dan Evaluasi