ANALISIS PEMBINAAN PENGEMBANGAN KARAKTER MANDIRI DALAM INTERAKSI SOSIAL DAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA MAN 2 TULUNGAGUNG MELALUI PROGRAM MA’HAD

siti zuariyah
sulastri rini rindrayani
susanto susanto


DOI: https://doi.org/10.29100/insp.v13i1.256

Abstract


Tujuanpenelitian adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembinaan pengembangan karakter mandiri dalam interaksi sosial dan kreativitas belajar siswa MAN 2 Tulungagung. Sekolah merupakan tempat berlangsungnya kegiatan belajar-mengajar. Belajar dan mengajar tidak hanya dimaknai sebagai transfer ilmu pengetahuan dari guru ke siswa. Kehadiran sekolah berasrama memberikan alternatif pendidikan bagi para orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya. Terlebih seiring dengan perkembangan modernitas, ketika tidak hanya suami yang bekerja, tetapi istri pun juga bekerja, sehingga anak kurang terkontrol dengan baik. Selain itu, kondisi sosial yang saat ini melanda lingkungan kehidupan masyarakat seperti pergaulan bebas, tawuran pelajar, penyalahgunaan narkoba, pengaruh media, ikut mendorong para orang tua untuk memasukkan  anaknya asrama sekolah. Menurut hasil penelitian Pelaksanaan pembinaan karakter mandiri dalam interaksi sosial dan kreativitas belajar siswa MAN 2 Tulungagung dilakukan di sekolah. pembinaan karakter mandiri dalam interaksi sosial dan kreativitas belajar siswa MAN 2 Tulungagung dilakukan secara terpadu melalui 3 (tiga ) jalur yaitu integrasi melalui mata pelajaran, layanan pendidikan, dan pengembangan diri. 


Article Metrics :

References


Rohman, Abdul.2014. Internalisasi Nilai Disiplin dan Tanggung Jawab dalam Kurikulum Boarding School: Studi pada SMP-SMA Semesta Bilingual

Boarding School Kota Semarang. Disertasi.Program Pengembangan Kurikulum, Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal dipublikasikan.

Aminnur, Muh. Zainul. 2013. Manajemen Pengasuhan Pada Layanan Khusus Asrama Bagi Siswa SMP Untuk Pembentukan Karakter. Tesis. Jurusan Manajemen Pendidikan. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Creswell, J. W. (1998). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five traditions. Thousand Oaks, CA: Sage. (http://penalaran-unm.org/artikel/penelitian/132-metode-penelitian-kualitatif.html diakses pada 25 Mei 2016)

Daryanto dan Aris Dwicahyono. 2014. Pengembangan perangkat pembelajaran (silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar). Yogyakarta: Gava Media.

Lisa Marselina Ahmad. 2014. Implementasi Program Pendidikan KarakterPada Sekolah Berasrama (Boarding School) di SMA Negeri 3 Gorontalo.Tesis. Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo. Jurnal dipublikasikan.

Moleong, J Lexy. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda karya.

Munandar, Utami. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta : Rineka Cipta

Musiran, Muh. 2012. Model PembelajaranAl-Islam Dengan Sistem Boarding School(Studi Kasus Di SMP Muhammadiyah Jati Dan SMP Muhammadiyah Cepu)Kabupaten Blora Tesis. Program Magister

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Walisongo Semarang. Jurnal dipublikasikan.

Mustari, Muhamad. 2011. Nilai Karakter: Refleksi Untuk Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Laksbang

Ritzer, George. 2014.Teori sosiologi modern. Jakarta: Kencana

Sagala, Syaiful. 2009. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Shodiq Khalidy. 2013. Pendidikan Karakter Berbasis Boarding School di SMP Putra Harapan Purwokerto.Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Soekanto, Soerjono. 2014. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta

Walgito, Cipto. 1994. Psikologi Sosial (Suatu Pengantar). Yogyakarta : Andi Offset.