PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, PERSEPSI SISWA TENTANG KREATIVITAS DAN PROFESIONALITAS GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 NGUNUT KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Heny Dwiastuti
Hari Subiyantoro
sunjoto sunjoto


DOI: https://doi.org/10.29100/insp.v13i1.254

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengungkap pengaruh motivasi belajar, persepsi siswa tentang kreativitas dan profesionalitas  guru terhadap prestasi belajar IPS siswakelas VIII SMPN 2 Ngunut dengan pendekatan asosiatif kuantitatif. Populasi sebesar 347 siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ngunut dengan sampel80 siswa Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumen hasil UAS Teknik  analisa data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Nilai t Hitung (1,788) >  t Tabel (1,664) , (2) Nilai   t Hitung (2,263) >  t Tabel, (3) Nilai   t Hitung (4,166) >  t Tabel (1,664), dan (4) F hitung (189,555) > Ftabel (2,72), yang berarti terdapat pengaruh positif yang signifikan antara motivasi belajar, persepsi siswa tentang kreativitas, dan profesionalitas guru secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS.Pengaruh perubahan variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 0,882 yang berarti bahwa 88,2% prestasi belajar IPS dipengaruhi oleh perubahan variable bebas. Variabel bebas paling dominan berpengaruh adalah variabel X3 persepsi siswa tentang profesionalitas guru.


Article Metrics :

References


Agung, Iskandar dkk. 2014. Mengembangkan Profesi-onalitas Guru. Upaya Meningkatkan Kompetensi dan Profesinalisme Kinerja Guru. Jakarta: Bee Media Pustaka.

Arikunto, Suharsimi. 2013Prosedur Penelitian Suatu Pende-katan Praktik. Jakarta: Rhineka Cipta.

BSNP, 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah.

Churiati, 2012.Pengaruh Penggu-naan Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terha-dap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Matematika Kelas VI Siswa Sekolah Dasar Negeri II Kepuhrejo Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulung-agung.Tesis Tidak Dipublika-sikan.Malang : Program Pasca Sarjana Universitas Kanjuruhan Malang.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar.Jakarta: Rineka Cipta.

Gunawan, Bambang. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar dan Penggunaan Alat Peraga terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V SDN Loderesan Kecamatan Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung.Tesis Tidak Dipublikasikan. Malang: Program Pasca Sarjana Universitas Kanjuruhan Malang.

Hamalik, Oemar. 2012.b.Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hendarman. 2015. Revolusi Mental Pengawas Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya

Kamus Besar Bahasa Indonesia 1996. Jakarta: Balai Pustaka.

Muzakkiah, Nur’aini, 2015. Pengaruh Persepsi Siswa terhadap Profesionalitas Guru dan Minat Siswa terhadap Mata Pelajaran Bahasa Arab terhadap nilai UAS siswa Kelas X semester II di MTs Negeri Lab UIN Yogyakarta. Yogyakarta: Program Magis-ter Pendidikan Islam Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pdf (Online). Diakses 9 April 2016.

Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru.

Priansa, Donni Juni. 2014. Kinerja dan Profesionalisme Guru. Fokus pada Peningkatan Kualitas Pendidikan, Sekolah, dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Rachmah, Huriah. 2014. Pengem-bangan Profesi Pendidikan IPS. Bandung: Alfabeta.

Rahmat,,Jalaludin.1993. Psikologi Komunikasi.Bandung: Remaja Rodakarya Offset

Riduwan.2011. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru dan Peneliti Pemula.Bandung : Alfabeta.

Rusman. 2011. Model-Model Pem-belajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Rajawali Pers.

Sapriya. 2009. Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sardiman, 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Bandung: Rajawali Pers.

Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D).Bandung: Alfabeta.

Suraji, 2011.Pengaruh Persepsi Siswa tentang Profesionalisme dan Kreativitas Guru Terhadap Prestasi Belajar Sosiologi Siswa SMA Negeri 1 Campurdarat.Tesis Tidak Dipublikasikan. Malang: Program Pasca Sarjana Universitas Kanjuruhan Malang.

Undang-undang Pendidikan No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang Undang No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.