PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, PERSEPSI SISWA TENTANG KREATIVITAS DAN PROFESIONALITAS GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 NGUNUT KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengungkap pengaruh motivasi belajar, persepsi siswa tentang kreativitas dan profesionalitas guru terhadap prestasi belajar IPS siswakelas VIII SMPN 2 Ngunut dengan pendekatan asosiatif kuantitatif. Populasi sebesar 347 siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ngunut dengan sampel80 siswa Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumen hasil UAS Teknik analisa data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Nilai t Hitung (1,788) > t Tabel (1,664) , (2) Nilai t Hitung (2,263) > t Tabel, (3) Nilai t Hitung (4,166) > t Tabel (1,664), dan (4) F hitung (189,555) > Ftabel (2,72), yang berarti terdapat pengaruh positif yang signifikan antara motivasi belajar, persepsi siswa tentang kreativitas, dan profesionalitas guru secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS.Pengaruh perubahan variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 0,882 yang berarti bahwa 88,2% prestasi belajar IPS dipengaruhi oleh perubahan variable bebas. Variabel bebas paling dominan berpengaruh adalah variabel X3 persepsi siswa tentang profesionalitas guru.
Article Metrics :
References
Agung, Iskandar dkk. 2014. Mengembangkan Profesi-onalitas Guru. Upaya Meningkatkan Kompetensi dan Profesinalisme Kinerja Guru. Jakarta: Bee Media Pustaka.
Arikunto, Suharsimi. 2013Prosedur Penelitian Suatu Pende-katan Praktik. Jakarta: Rhineka Cipta.
BSNP, 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah.
Churiati, 2012.Pengaruh Penggu-naan Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terha-dap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Matematika Kelas VI Siswa Sekolah Dasar Negeri II Kepuhrejo Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulung-agung.Tesis Tidak Dipublika-sikan.Malang : Program Pasca Sarjana Universitas Kanjuruhan Malang.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar.Jakarta: Rineka Cipta.
Gunawan, Bambang. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar dan Penggunaan Alat Peraga terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V SDN Loderesan Kecamatan Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung.Tesis Tidak Dipublikasikan. Malang: Program Pasca Sarjana Universitas Kanjuruhan Malang.
Hamalik, Oemar. 2012.b.Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hendarman. 2015. Revolusi Mental Pengawas Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya
Kamus Besar Bahasa Indonesia 1996. Jakarta: Balai Pustaka.
Muzakkiah, Nur’aini, 2015. Pengaruh Persepsi Siswa terhadap Profesionalitas Guru dan Minat Siswa terhadap Mata Pelajaran Bahasa Arab terhadap nilai UAS siswa Kelas X semester II di MTs Negeri Lab UIN Yogyakarta. Yogyakarta: Program Magis-ter Pendidikan Islam Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pdf (Online). Diakses 9 April 2016.
Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru.
Priansa, Donni Juni. 2014. Kinerja dan Profesionalisme Guru. Fokus pada Peningkatan Kualitas Pendidikan, Sekolah, dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Rachmah, Huriah. 2014. Pengem-bangan Profesi Pendidikan IPS. Bandung: Alfabeta.
Rahmat,,Jalaludin.1993. Psikologi Komunikasi.Bandung: Remaja Rodakarya Offset
Riduwan.2011. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru dan Peneliti Pemula.Bandung : Alfabeta.
Rusman. 2011. Model-Model Pem-belajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Rajawali Pers.
Sapriya. 2009. Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sardiman, 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Bandung: Rajawali Pers.
Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D).Bandung: Alfabeta.
Suraji, 2011.Pengaruh Persepsi Siswa tentang Profesionalisme dan Kreativitas Guru Terhadap Prestasi Belajar Sosiologi Siswa SMA Negeri 1 Campurdarat.Tesis Tidak Dipublikasikan. Malang: Program Pasca Sarjana Universitas Kanjuruhan Malang.
Undang-undang Pendidikan No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Undang Undang No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.