RESPON BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI QUIZLET PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 SUMBERGEMPOL

SODIN - SODIN


DOI: http://dx.doi.org/10.29100/insp.v16i2.1429

Abstract


Quizlet merupakan salah satu media pembelajaran berbasis aplikasi android yang dapat digunakan kepada peserta didik secara terbatas, yaitu, penggunaannya oleh guru yang diberikan materinya berupa pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan pembelajaran dan kisi-kisi soal yang akan dihadapai oleh peserta didik kelas VIIIK SMP Negeri 1 Sumbergempol pada mata pelajaran IPS. Pemberian quizlet ini dilakukan secara bertahap sehingga penyerapan kepada peserta didik dapat lebih cepat dan terstruktur. Penggunaan media pembelajaran sangat bermanfaat kepada peserta didik karena dapat dikembangkan dengan memasukan (input) materi pelajaran dalam bentuk soal-soal yang melingupi bagian penting sub pelajaran. Aplikasi quizlet ini juga merupakan sarana penyalur pesan dan informasi belajar. Dan juga sebagai daya tarik pembelajaran yang menggunakan teknologi informasi dirancang secara baik untuk membantu peserta didik dalam mencerna dan memahami materi pelajaran. Pada dasarya penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental Research, dengan menggunakan subjek penelitian dalam bentuk kelompok (kelas) VIIIK SMP Negeri 1 Sumbergempol pada mata pelajaran IPS dengan proses pembelajaran yang dilakukan menggunakan metode Problem Based Learning (PBL) dan Discovery Learning (DL) yang masih konvensional dalam penyampaian pembelajarannya. Sebagai populasi, kelas ini dianggap sudah memiliki pengetahuan tentang pembelajaran berbasis android, hal ini terlihat dari quizlet yang diajuan pada saat pre-test. Variabel yang diungkap dalam penelitian ini adalah respon belajar, terhadap aplikasi quizlet pembelajaran kepada peserta didik kelas VIIIK. Selanjutnya desain penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini adalah The pre-test dan post-test control group design.


References


DAFTAR PUSTAKA

Chandrawati, S. R. (2010). Pemamfaatan E-learning dalam Pembelajaran. Jurnal Cakrawala Kependidikan, 8, (2).

Dugard, P., & Todman, J. (1995). Analysis of pre?test?post?test control group designs in educational research. Educational Psychology, 15(2).

Eileen Wood, Julie Mueller, Teena Willoughby, Jacqueline Specht & Ted Deyoung (2005) Teachers’ Perceptions: barriers and supports to using technology in the classroom, Education, Communication & Information, 5:2, , DOI: 10.1080/14636310500186214

Eyler, J. (2002). Reflection: Linking service and learning—Linking students and communities. Journal of social issues, 58(3).

Fauziyah, N. (2013). Faktor Penyebab Kejenuhan Belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) pada Peserta didik Kelas XI Jurusan Keagamaan di MAN Tempel Sleman. Jurnal Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Kalijaga, 14(1).

Haryoko, S. (2012). Efektivitas pemanfaatan media audio-visual sebagai alternatif optimalisasi model pembelajaran. Jurnal Edukasi Elektro, 5(1).

Ismaniati, C. (2010). Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Matondang, Z. (2009). Validitas dan reliabilitas suatu instrumen penelitian. Jurnal Tabularasa, 6(1).

Muhson, A. (2010). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2).

Nurdyansyah, N. (2017). Sumber Daya dalam Teknologi Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.. https://scholar.google.co.id/

Priyanto, D. (2009). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Komputer. Insania, 14(1).

Priyanto, D. (2009). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Komputer. Insania, 14(1).

Robert B. Kozma (2003) Technology and Classroom Practices, Journal of Research on Technology in Education, 36:1, DOI: 10.1080/15391523.2003.10782399

Susilana, R., Si, M., & Riyana, C. (2008). Media pembelajaran: hakikat, pengembangan, pemanfaatan, dan penilaian. CV. Wacana Prima.

Widhiarso, W., & UGM, F. P. (2012). Tanya jawab tentang uji normalitas. Fakultas Psikologi UGM (diakses pada 7 Desember 2016).

Wijaya, M. (2012). Pengembangan model pembelajaran e-learning berbasis web dengan prinsip e-Pedagogy dalam meningkatkan hasil belajar. Jurnal Pendidikan Penabur, 11(19).

Yazdi, M. (2012). E-learning Sebagai Media Pembelajaran InteraktifBerbasis Teknologi Informasi. In FORISTEK: Forum Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (Vol. 2, No. 1).


Article Metrics :

Abstract view : 84 times

PDF (133-140) (Indonesian) View : 39 times

About The Author :

SODIN - SODIN STKIP PGRI TULUNGAGUNG