PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FEATURE VIDIO DALAM MATA PELAJARAN IPS KELAS VII SMP NEGERI PAGERWOJO

Herlin - Mardiana


DOI: http://dx.doi.org/10.29100/insp.v16i2.1424

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: 1) Menganalisis proses pengembangan feature video untuk media pembelajaran pada mata pelajaran IPS pada kelas VII SMP Negeri Pagerwojo dengan pokok bahasan keragaman flora di indonesia (Ekosistem Hutan  Mangrove/ Bakau di Kabupaten Trenggalek). 2) Mengetahui Bagaimana kelayakan feature video sebagai  pembelajaran dalam mata pelajaran IPS dilihat dari hasil pengujian pada peserta didik kelas VII SMP Negeri Pagerwojodengan pokok bahasan keragaman flora di indonesia (Ekosistem Hutan  Mangrove/Bakau di Kabupaten Trenggalek). Jenis penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan metode pengembangan menggunakan model ADDIE merupakan singkatan yang mengacu pada proses-proses utama dari proses pengembangan sistem pembelajaran yaitu : Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Pengembangan media pembelajaran berbasis feature vidio dengan empat tahap, yaitu : 1) Analisis Kebutuhan, 2) Desain, 3) Implementasi, dan4) Pengujian. Penentuan tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis feature vidio berdasarkanuji validasi para ahli dan uji coba kepada siswa melaui angket.  Hasil penelitian menunjukkan tingkat kelayakan dalam kategori layak berdasarkan uji  yang dilakukan oleh ahli isi sebesar 82,50 % dan 83,88 % dengan 30 butir soal penilaian. Sedangkan uji yang dilakukan kepada ahli media sebesar 84,62 % dengan 13 butir soal penilaian masuk dalam kategori layak. Kemudian uji yang dilakukan kepada perorangan sebesar 85,16 % masuk dalam kategori layak dijadikan sebagai media pembelajaran. Meskipun sudah di anggap layak sebagai media pembelajaran namun masih ada beberapa bagian yang masih dilakukan revisi untuk mendapatkan hasil yang maksimal atas saran yang di berikan oleh ahli media.


References


Sumarno Alim. 2012. Penelitian Kausalitas Komparatif. Surabaya: elearning unesa. Agung. S (2012), “Implementasi Model Pembelajaran IPS Terpadu”, Surakarta: UNS Surakarta.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Asyhar, Rayanda. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Gaung Persada (GP) Press Jakarta. Jakarta Asyhari,

Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta

Baru Algesindo Nana Syaodih. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Djamarah, Syaiful Bahri. 1995. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Iskandar Wiryokusumo. 2011. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Bumi. Aksara

Isnawijayani. 2013. Pengantar Penulisan Feature. Widya Padjadjaran Katharine,

Maryani & Syamsudin (2009),” Pengembangan program Pembelajaran IPS untuk

Meningkatkan Kompetensi Ketrampilan Sosial”.

Munadi, Yudhi. (2008). Media Pembelajaran: Suatu pendekatan baru. Jakarta: Gaung Persada Press.


Article Metrics :

Abstract view : 18 times
PDF (89-99) (Indonesian) View : 10 times