PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT TERHADAP PENCAPAIAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

Lifna Agustianingsih Pakaya
Mursalin Mursalin
Trisnawaty Junus Buhungo
Chairunnisah J. Lamangantjo
Dewi Diana Paramata
Frida Maryati Yusuf


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i3.7120

Abstract


Tujuan dalam riset ini adalah untuk menyelidiki apakah terdapat dampak penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap pencapaian studi siswa pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup (suatu penelitian pada murid kelas VII di SMP Negeri 2 Suwawa). Penelitian ini menggunakan jenis Quasy Experimental Design dengan desain Pretest and Posttest Control Group Design. Sampel yang digunakan untuk penelitian ini ialah murid kelas VII-I dengan jumlah 27 murid untuk kelas eksperimen, dan kelas VII-II berjumlah 23 murid untuk kelas kontrol. Riset ini menggunakan sistem pengumpulan data menggunakan percobaan berupa soal pilihan ganda. sistem analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan percobaan validitas, percoban reliabilitas, percobaan normalitas yang menggunakan rumus Kolmogorov-Smirnov, dan percobaan homogenitas, dan percobaan hipotesisnya menggunakan percobaan -t. Berdasarkan hasil kalkulasi diperoleh thitung = 2.319 dan ttabel = 2.010, karena thitung > ttabel maka H_(0 )dan H_1diterima. Jadi dapat disimpulkan model penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) pada materi klasifikasi makhluk hidup berpengaruh pada hasil belajar murid kelas VII SMP Negeri 2 Suwawa.

Keywords


model pembelajaran TGT; Hasil Belajar

Article Metrics :

References


Adiputra, K., & Heryadi, Y. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) Pada Mata Pelajaran IPA Disekolah Dasar. Jurnal UMJ. 22(1).

Akhmad, F., & Syiraful, M. 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 2(1).

Alya, A., & Herlinda. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar IPA Daur Kehidupan Hewan Siswa SD. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia). 7(1).

Amalia, L., Astuti, A, D. 2023. Model Pembelajaran Kooperatif. Jawa Tengah: Cahya Ghani Recovery.

Anjumi, H., Hakim, M, N., Aisah, S., & dkk. 2024. Strategi Pendidikan dan Pembelajaran PAI. Jawa Tengah: PT Nasya Expanding Management.

Angkowati, J. 2021. Penggunaan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses (5M) Siswa pada Topik Zat Aditif dan Zat Adiktif. Prosiding Seminar nasional Pendidikan IPA,S2 Unlam Press. 4(1).

Aziz, O, A., & Lodang, H, S. 2023. Klasifikasi Makhluk Hidup. Jawa Barat: Cv. Jejak.

Fauzi, A., & Masrupah, S. 2024. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1).

Husamah, Restian A., dkk. 2019. Pengantar Pendidikan. Malang:Universitas Muhammadiyah.

Husain, A., Odja, H, A., Buhungo, J, T. 2024. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Konsep Dinamika Gerak Di SMA Negeri w Gorontalo. Jurnal Luminous:Riset Ilmiah Pendidikan Fisika. 5(1).

Ismah Zahrina, Tias Ernawati. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Ditinjau Dari Kerja Sama Siswa. Jurnal Pelajar MIPA. 13(4).

Lafendery, F. 2023. Teori Pendidikan Tuntas Mastery Learning Benyamin S. Bloom. Tarbawi: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam. 6(1).

Lagarusu, A., Odja, H, A., & Payu, S, C. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Melalui Pendekatan Berdiferensiasi Menggunakan Blandeed Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Fisika Di SMA Negeri 6 Gorontalo Utara. Jurnal Pendidikan Fisika Undiiksha. 13(2).

Lestari, A., Kurniawati, D., dkk. 2023. Model-model Pembelajaran untuk Kurikulum Merdeka di Era Society 5.0. Bandung: Nilacakra Publishinh House.

Lubis, A., Nazriani. 2021. Pembelajaran dan Penilaian (Lengkap dengan Sintaks Pembelajaran, Indikator dan Aplikasi Kisi-kisi Soal). Surabaya: CV Jakad Media Publishing.

Maryono. 2023. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT). Semarang: Cahaya Ghani Recovery

Palimbon & Stefani. 2022. Pengaruh penerapan surat pemberitahuan elektronik (e-spt) masa pajak pertambahan nilai (ppn) terhadap kepatuhan wajib pajak. Jurnal Akuntansi dan Keuangan,19(2).

Rajak, F., & Alam J. 2022. Buku Panduan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Berbasis Media Ular Tangga. Sumatera Barat: Mitra Cendekia Media.

Sitepu, M., Napitupulu, R.P., & Sidabutar, Y, A. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 2 Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh Kelas V SD. Jurnal Pendidikan dan Konseling.4(5).

Suciati, I., & Hapsan, A. 2022. Efikasi Diri dan Hasil Belajar Matematika: Kajian Meta Analisis. Medan: CV Ruang Tentor.

Sunarto, Darwis, & Alamsyah. 2023. Pengantar Metodologi Penelitian. Makassar: CV. Tohar Media.

Widoyoko. 2020. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Jawa Timur:Pustaka Pelajar.

Yudiana, W, K., Aprilianti, P, E, L, N & Novianti, E, K, N. 2024. Ultrang dan Numerisasi Siswa. Bali: Nilacakra.

Yunita, D & Tristiantari, D. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Berbasis Kearifan Lokal Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Multikultular Indonesia. 1(2).

Yusuf, A., Suardana, I. N., & Selamet, K. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard IPA SMP Materi Tata Surya. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 4(1).