PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS VII

Binari Manurung
Tiona Febrianti Sinaga


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i3.6926

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Literasi Sains Siswa pada Materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati di Kelas VII. Literasi sains pada penelitian ini adalah yang berpedoman pada PISA. Populasi penelitian terdiri dari seluruh kelas VII yang berjumlah 282 siswa. Sampel penelitian ini menggunakan tekbnik purposive random sampling yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 60 siswa yaitu kelas eksperimen berjumlah 30 siswa dan kelas kontrol berjumlah 30 siswa. Instrument yang digunakan berupa tes bentuk pilihan ganda berjumlah 30 soal. Penelitian ini menngunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-postest control group . Data diperoleh dengan metode tes kemudian dianalisis secara deskripsi kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui peningkatan literasi sains akan menggunakan N-Gain. Rata-rata kemampuan literasi sains siswa di kelas eksperimen selama pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah menunjukkan bahwa skor rata-rata preteset kelas eksperimen 50,3 serta posttest kelas eksperimen 87,67 dan rata-rata pretest kelas kontrol 48,1 serta postsest kelas kontrol 77. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap literasi sains siswa

Keywords


model pembelajaran berbasis masalah; literasi sains; ekologi dan keanekaragaman hayati

Article Metrics :

References


Amir, T. (2009). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning.

Jakarta : Prenadamedia Group..

Arends, I Richard. (2012). Learning to Teach Ninth Edition. New York: Mc Graw Hill

Asyafah,A.(2019).Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoritis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). Indonesian Jurnal of Islamic Education, 6,19-32

Azizah, D. N., Irwandi, D., dan Saridewi, N. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based LearningBerkonteks Socio Scientific Issues Terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta didik pada Materi Asam Basa. Jurnal Riset Pendidikan Kimia. 11(1): 12-18

Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2).https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122.

Haug, B. S., & Mork, S. M. (2021). Taking 21st century skills from vision to classroom: What teachers highlight as supportive professional development in the light of new demands from educational reforms. Teaching and Teacher Education, 8(1), 100-105.https://doi.org/10.1016/j.tate.2021.103286

Hartati, R. (2016). Peningkatan aspek sikap literasi sains siswa SMP melalui penerapan model problem based learning pada pembelajaran IPA terpadu. Edusains, 8(1), 90-97.

Ichsan, I. Z., Hasanah, R., Ristanto, R. H., Rusdi, R., Cahapay, M. B., Widiyawati, Y., & Rahman, M. M. (2020). Designing an Innovative Assessment of HOTS in the Science Learning for the 21st Century. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA,

https://doi.org/10.30870/jppi.v6i2.476

Karin & Sund. 2018. Kontribusi Kemampuan Keterampilan Proses Sains Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Dikelas V Sekolah Dasar. Pontianak.

Kurniati, Ety., & Adelia, K. A.C.(2023).Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Literasi Sains Siswa SMA.Magnetic:Research Journal of Physics and it’s Application,3(2),248-252

Maknun,Djohar.(2017).Ekologi:Populasi,Komunitas,Ekosistem Mewujudkan Kampus Hijau,Asri,Alami,Islami dan Ilmiah.Cirebon:Nurjati Press

Marlina,L.,Muntari,M.,& Sofia,B. F. D(2021).Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Literasi Sains Peserta Didik.Jurnal Pijar Mipa,16(1),24-29.

Meltzer, D. E. (2002). The Relationship Between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gains in Physics: A Possible “Hidden Variable” in Diagnostic Pretest Scores. American Journal of Physics, 70(12): 1259– 1268.

Muliastrini, N. K. E. (2020). New Literacy Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar di Abad 21. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 115–125.

Narut. 2018. Efektivitas Modul Sistem Pencernaan Berbasis Nature of Science (Nos) dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio.

OECD. (2013). PISA 2015 Draft Science Framework.

OECD Publishing OECD. (2019). PISA 2018: Asessment and Analytical Framework.

Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 9(1), 34–42.

Rahmawati, D., & Prasetyanti, N. M. (2019). The Implementation of Stim HOTs Model to Improve Student’s Problem Solving Skill of Metabolism Learning in Senior High School. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1241, No. 1, p.012045). IOP Publishing

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru,Bandung : CV. Alfabet

Setiawan, A. R. (2019). Penyusunan Program Pembelajaran Biologi Berorientasi Literasi Saintifik. Jurnal Pendidikan Biologi, 1(23), 1–8

Simanjuntak, M. P., Simatupang, H., Hardinata, A., Manurung, G. A., dan Octavia,S. C. (2023). Literasi Sains dengan Pembelajaran IPA Berbasis Proyek Terintegrasi STEM. Jurnal Pendidikan Fisika, 12(1), 35. https://doi.org/10.24114/jpf.v12i1.45733

Sofyan, H., Wagiran, K. K., & Triwiyono, E. (2017). Problem Based Learning

Dalam Kurikulum 2013

Trianto (2012) .Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta:Bumi Aksara