PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS VII
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Amir, T. (2009). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning.
Jakarta : Prenadamedia Group..
Arends, I Richard. (2012). Learning to Teach Ninth Edition. New York: Mc Graw Hill
Asyafah,A.(2019).Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoritis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). Indonesian Jurnal of Islamic Education, 6,19-32
Azizah, D. N., Irwandi, D., dan Saridewi, N. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based LearningBerkonteks Socio Scientific Issues Terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta didik pada Materi Asam Basa. Jurnal Riset Pendidikan Kimia. 11(1): 12-18
Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2).https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122.
Haug, B. S., & Mork, S. M. (2021). Taking 21st century skills from vision to classroom: What teachers highlight as supportive professional development in the light of new demands from educational reforms. Teaching and Teacher Education, 8(1), 100-105.https://doi.org/10.1016/j.tate.2021.103286
Hartati, R. (2016). Peningkatan aspek sikap literasi sains siswa SMP melalui penerapan model problem based learning pada pembelajaran IPA terpadu. Edusains, 8(1), 90-97.
Ichsan, I. Z., Hasanah, R., Ristanto, R. H., Rusdi, R., Cahapay, M. B., Widiyawati, Y., & Rahman, M. M. (2020). Designing an Innovative Assessment of HOTS in the Science Learning for the 21st Century. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA,
https://doi.org/10.30870/jppi.v6i2.476
Karin & Sund. 2018. Kontribusi Kemampuan Keterampilan Proses Sains Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Dikelas V Sekolah Dasar. Pontianak.
Kurniati, Ety., & Adelia, K. A.C.(2023).Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Literasi Sains Siswa SMA.Magnetic:Research Journal of Physics and it’s Application,3(2),248-252
Maknun,Djohar.(2017).Ekologi:Populasi,Komunitas,Ekosistem Mewujudkan Kampus Hijau,Asri,Alami,Islami dan Ilmiah.Cirebon:Nurjati Press
Marlina,L.,Muntari,M.,& Sofia,B. F. D(2021).Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Literasi Sains Peserta Didik.Jurnal Pijar Mipa,16(1),24-29.
Meltzer, D. E. (2002). The Relationship Between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gains in Physics: A Possible “Hidden Variable” in Diagnostic Pretest Scores. American Journal of Physics, 70(12): 1259– 1268.
Muliastrini, N. K. E. (2020). New Literacy Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar di Abad 21. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 115–125.
Narut. 2018. Efektivitas Modul Sistem Pencernaan Berbasis Nature of Science (Nos) dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio.
OECD. (2013). PISA 2015 Draft Science Framework.
OECD Publishing OECD. (2019). PISA 2018: Asessment and Analytical Framework.
Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 9(1), 34–42.
Rahmawati, D., & Prasetyanti, N. M. (2019). The Implementation of Stim HOTs Model to Improve Student’s Problem Solving Skill of Metabolism Learning in Senior High School. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1241, No. 1, p.012045). IOP Publishing
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru,Bandung : CV. Alfabet
Setiawan, A. R. (2019). Penyusunan Program Pembelajaran Biologi Berorientasi Literasi Saintifik. Jurnal Pendidikan Biologi, 1(23), 1–8
Simanjuntak, M. P., Simatupang, H., Hardinata, A., Manurung, G. A., dan Octavia,S. C. (2023). Literasi Sains dengan Pembelajaran IPA Berbasis Proyek Terintegrasi STEM. Jurnal Pendidikan Fisika, 12(1), 35. https://doi.org/10.24114/jpf.v12i1.45733
Sofyan, H., Wagiran, K. K., & Triwiyono, E. (2017). Problem Based Learning
Dalam Kurikulum 2013
Trianto (2012) .Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta:Bumi Aksara