PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI SISTEM INDRA KELAS XI SMA NEGERI 5 SAMARINDA

Nova Elfina Dwiyanti
Akhmad Akhmad
Herliani Herliani
Makrina Tindangen


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i3.6696

Abstract


Penelitian ini dibawah bimbingan Bapak Dr. H. Akhmad, M.Kes. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada materi sistem sensori di SMA Negeri 5 Samarinda. Penelitian kuantitatif ini menggunakan metodologi quasi eksperimen dengan rancangan pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling untuk kelas eksperimen (XI-1) dan kelas kontrol (XI-2). Analisis data menggunakan Independent Sample t-Test dengan taraf signifikansi 5%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa uji-t dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar siswa (0,004 < 0,05). Materi sistem sensori kelas XI SMA Negeri 5 Samarinda terbukti memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL).

Keywords


model pembelajaran; Project Based Learning (PjBL); hasil belajar

Article Metrics :

References


Cyndiani, S., dkk. Analisis Model Project Based Learning (Pjbl) Pada Buku Siswa Tema 1 Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan. 2 (2): 160. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i4.128. Diakses pada 6 Februari 2024.

Devita, I., dan Mayasari. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Konvensional Dan Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa IPS Mata Pelajaran Ekonomi Di SMAN 3 Kota Jambi. Scientific Journals of Economic Education. 4 (2): 30-32. http://dx.doi. org/10.33087/sjee.v4i2.82. Diakses 6 Februari 2024.

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. Parepare: CV Kaaffah Learning Center.

Ekawati, H. 2016. Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Dan Pembelajaran Konvensional Pada Kelas VII SMP Negeri 10 Samarinda. Jurnal Pendas Mahakam. 1 (1): 57. https ://jurnal.fki p-uwgm.ac.id/index .php/pendasm ahakam/article/view/36. Diakses pada 6 Februari 2024.

Erita. 2017. Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII SMK Nusatama Padang. Journal of Economic and Economic Education. 6 (1): 73 dan 75. http://dx.doi.org/10.2 2202/economica.2017.6.2.1941. Diakses pada 6 Februari 2024.

Helmiati. 2012. Model Pembelajaran. Sleman: Aswaja Pressindo.

Indra, L., dan Taufina. 2020. Penerapan Model Project Based Learning Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V Sekolah Dasar (Studi Literatur). e-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar. 8 (3): 71-74. http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v9i3.10436. Diakses pada 6 Februari 2024.

Lee, S., et al. 2024. Collaborative Project-Based Learning in Global Health: Enhancing Competencies and Skills for Undergraduate Nursing Students. BMC nursing. 23 (1): 9. https://doi. org/10.1186/s12912-024-02111-8. Diakses pada 2 Agustus 2024.

Liao, S., et al. Application of Project-based Service Learning Courses in Medical Education: Trials of Curriculum Designs During the Pandemic. BMC Medical Educationt. 23 (1): 2. https://doi.org/10.1186/s12909-023-04671-w. Diakses pada 2 Agustus 2024.

Maesaroh, S. 2013. Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan. 1 (1): 167. https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.5 36. Diakses pada 20 Desember 2023.

Niak, Y., dkk. 2018. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Circ dan Model Pembelajaran Konvensional. Journal of Honai Math. 1 (2): 69. https://doi.org/10.30 862/jhm.v1i2.1040. Diakses pada 6 Februari 2024.

Nuryadi., dkk. 2017. Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Gramasurya.

Pratiwi, G., dan Tukimin. 2021. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan UD Adli Di Desa Sukajadi Kecamatan Perbaungan. Jurnal Bisinis Mahasiswa. 1 (2): 127-128. https://d oi.org/10.60036/jbm.v1i2. 11. Diakses pada 26 April 2024.

Peranginangin, A., dkk. 2020. Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang di Ajar Dengan Model Pembelajaran Elaborasi Dengan Model Pembelajaran Konvensional. Jurnal Penelitian Fisikawan. 3 (1): 44. http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalpenelitianfisikawan/article/view/452. Diakses pada 6 Februari 2024.

Purnomo, H., dan Yunahar. 2019. Tutorial Pembelajaran Berbasis Proyek. Bantul: K-Media.

Rizkiyah, Z., et al. 2020. The Influence of Project Based Learning Models On Science Technology, Engineering and Mathematics Approach to Collaborative Skills and Learning Results Of Student. Science Edu. III (2): 1. https://doi.org/10.19184/se.v3i1 .16589. Diakses pada 2 Agustus 2024.

Ruhulessin, S., dkk. 2019. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Kelas X Sma Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining (SFE) dan Model Pembelajaran Konvensional Pada Materi Trigonometri. Jurnal Pendidikan Matematika. 2 (1): 5. https://doi.org/10.30598/jupitekvol2iss1pp1-6. Diakses pada 8 Februari 2024.

Saputro, O., dan Theresia. 2020. Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Monopoli Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran. 4 (1): 187. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i1.24719. Diakses pada 6 Februari 2024.

Sari, R., dan Siska, A. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Varia Pendidikan. 30 (1): 80-81. https://j ournals.ums.ac.id/index.php/varidika/articl e/download/6548/3996. Diakses pada 6 Februari 2024.

Simeru, A., dkk. 2019. Model-Model Pembelajaran. Klaten: Lakeisha.

Sudaryono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Rawamangun: Prenadamedia Group.

Sudijono, A. (2016). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Syamsul, F., dkk. 2019. Keefektifan Model Pembelajaran STAD terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang. International Journal of Elementary Education. 3 (3): 346. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19450. Diakses pada 6 Februari 2024.

Wu, L., et al. 2021. Project base Engineering Learning in College: Associations With Self Efficacy, Effort Regulation, Interest, Skills, and Performance. SN Social Sciences. 1 (1): 3. https://doi.org/10.1007/s435 45-021-00286-4. Diakses pada 2 Agustus 2024.