PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN EFESIENSI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH
Abstract
Kurangnya motivasi dan semangat dalam belajar dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional terutama dalam pelajaran IPA, serta lamanya bagi peserta didik dalam mengerjakan LKPD. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan efesiensi belajar peserta didik pada pelajaran IPA pada materi sistem peredaran darah. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian eksperimen semu (quasy experimental design) yaitu penelitian yang melibatkan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Subjek penelitian adalah 30 peserta didik kelas Eksperimen dan 30 peserta didik pada kelas Kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket dan soal pretest posttest. Hasil penelitian menunjukkan : (1) motivasi belajar peserta didik pada kelas eksperimen sebesar 0,003 < 0,05 sehingga model pembelajaran yang digunakan terdapat perbedaan yang signifikan, (2) perrbandingan waktu penggunaan model Index Card Match dengan LKPD juga efesien karena penggunaan model pembelajaran tidak banyak menghabiskan jam pelajaran, dan (3) keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match didapatkan t hitung 3, 519 > t tabel 2,00247sehingga model pembelajaran lebih kooperatif lebih efektif dalam meningkatkan motivasi belajar. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match yang digunakan efektif dan memiliki perbedaan yang signifikan daripada model konvensional.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Aditya Arianto Widodo. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 1 Pacing Wedi Klaten Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(10), 1433–1442. https://doi.org/10.53625/jpdsh.v2i10.6450
Annisa, F., & Marlina, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal Basicedu, 3(4), 1047–1054.
Aprimayulis, A. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Koperatif (Cooperative Learning) Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Dan XII IPS SMA Negeri 9 Bungo Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. SOCIAL : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 2(3), 165-177.
Astalini, A., Kurniawan, D. A., Melsayanti, R., & Destianti, A. (2019). Sikap Terhadap Mata Pelajaran IPA dI SMP se-Kabupaten Muaro Jambi. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 21(2), 214-227. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n2i7
Ayu, D. (2021). Kajian Implementasi E-Learning Berbasis Aplikasi Whatsapp Terhadap Keefektivan Dan Efisiensi Belajar Peserta Didik Dampak Wabah Covid-19 Ranah Sd/Mi (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Djajadi, M. (2019). Pengantar Penelitian Tindakan Kelas (Classrom Action Research). Yogyakarta : Arti Bumi Intaran.
Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, Vol. 5 No. 2, 93-196.
Fauzih, F., Farmana, Y., & Amin, F. (2020). Optimalisasi pembelajaran “e-learning” melalui fitur Google Forms dan Add-On dalam meningkatkan efisiensi belajar mahasiswa. Jurnal Mirai Management, 5(3), 148-160.
Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38619
Helmiati. (2012). Model Pembelajaran. Yogyakarta : Aswaja Pressindo.
Indrawati, Dini. (2022). Meningkatkan Penguasaan Kosakata Baku Dan Tidak Baku Melalui Model Kooperatif Tipe Index Card Match Menggunakan Aplikasi Zoom Kelas Vi. Journal of Academia Perspectives, 2(2) , 115-120. https://doi.org/10.30998/jap.v2i2.1026
Isnawan, M. G., Nahdlatul, U., & Mataram, W. (2020). Kuasi-Eksperimen (Issue January).
Jufrida, J., Basuki, F. R., Rinaldo, F., & Purnamawati, H. (2020). Analisis Permasalahan Pembelajaran Ipa: Studi Kasus Di Smpn 7 Muaro Jambi. Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 8(1), 50.
Krismony, N. P. A., Parmiti, D. P., & Japa, I. G. N. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Untuk Mengukur Motivasi Belajar Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 249.
Lestari, D. A. . (2022). Elaborasi Straegi Pembelajaran Index Card Match Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di MI/SD. Jurnal Anak Bangsa, 1(1), 61–68. https://doi.org/10.46306/jas.v1i1.8
Machali, Imam. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru? Indonesian Journal of Action Research.
Marno & Idris, M. (2017). Strategi, Metode, dan Teknik Mengajar: Menciptakan Mengajar Keterampilan Mengajar yang Efektif & Edukatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Patriah, S. (2022). Hubungan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Index Card Match Terhadap Motivasi Belajar Qur’an Hadist Siswa Kelas VII di MTs Al-Fathimiyah Karawang. Jurnal Ilmiah Iqra', 16(1), 1-17.
Prabowo, W. R., Purnomo, D., & Mushafanah, Q. (2020). Metode Kooperatif Tipe Index Card Match Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Tema Peristiwa Dalam Kehidupan. Mimbar Ilmu, 25(3), 380–390. https://doi.org/10.23887/mi.v25i3.28905
Salo, Y. A. (2017). Pengaruh Metode Discovery Learning Terhadap Keaktifan Belajar Siswa (Studi Quasi Eksperimen Kelas Vii Smpn 6 Banda Aceh). Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(3), 297–304.
Susanti, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Index Card Match Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 6(1), 22–36. https://doi.org/10.52266/tadjid.v6i1.813
Susanto, H., Irmawati, I., Akmal, H., & Abbas, E. W. (2021). Media Film Dokumenter dan Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 9(1), 65-78.
Sulthon, S. (2017). Pembelajaran IPA yang Efektif dan Menyenangkan bagi Siswa MI. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1).
Uno, H. B. (2007). Teori motivasi & pengukurannya.
Yana, V., Dani, M., & Purnomo, E. (2022). Menumbuhkan motivasi
belajar perspektif Hadits Sunan Ibnu Majah. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 15(3), 369–378. https://doi.org/10.32832/tawazun.v15i3.7620
Yatini, Y. (2021). Meningkatkan Minat Beljar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match Pada Siswa Kelas XI MIPA I SMA Negeri I Tanjung Selor. SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA.
Yusuf, M. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Di Masa Covid-19.