ANALISIS & REKONSTRUKSI DESAIN KEGIATAN LABORATORIUM PRAKTIKUM TULANG UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA
Abstract
Desain Kegiatan Laboratorium (DKL) yang digunakan sebagai pendoman siswa saat melakukan praktikum masih terdapat banyak sekali yang belum dapat menunjang konstruksi pengetahuan siswa dan sebatas menuntun siswa untuk melaksanakan verifikasi saja sehingga kegiatan praktikum kurang bermakna. Salah satunya pada DKL praktikum tulang. Oleh karena itu perlu dilakukannya analisis lebih lanjut terhadap LKPD yang saat ini sering digunakan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis DKL dan melakukan rekonstruksi. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan satu DKL sampel yang diambil secara purposive sampling. Analisis dilakukan mengacu pada Diagram Vee. Hasil Penelitian menunjukkan DKL sampel berada pada kategori rendah sehingga perlu perbaikan di beberapa komponen DKL . Oleh karena itu dilakukan rekonstruksi mulai dari tujuan, alat bahan, langkah kerja, interpretasi data hingga pertanyaan, agar praktikum tulang tersebut mampu mengonstruksi pemahaman siswa dengan baik, mampu melatihkan kemampuan berpikir kritis serta menjadikan kegiatan praktikum lebih bermakna.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Ali, L. U. (2018). Pengelolaan Pembelajaran IPA Ditinjau Dari Hakikat Sains Pada SMP Di Kabupaten Lombok Timur. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 6(2), 103. https://doi.org/10.33394/j-ps.v6i2.1020
Bago. A.S. 2018. Pengembangan Penuntun Praktikum Biologi Disertai Gambar Pada Materi Jaringan Tumbuhan Berbasis Guided Discovery Untuk Siswa SMA Se Kecamatan Telukdalam. Jurnal Education And Development, 5(2). DOI: https://doi.org/10.37081/ed.v5i2.1027
Candra, R., & Hidayanti, D. (2020). Penerapan Praktikum dalam Meningkatkan Keterampilan Proses dan Kerja Peserta Didik di Laboratorium IPA. EDUGAMA: Jurnal Kependidikan dan Sosial Keagamaan, 6(1), 26-37. DOI: https://10.32923/edugama.v6i1.1289
Handayanie, Y., Anggraeni, S., & Supriatno, B. (2020). Analisis Lembar Kerja Siswa Praktikum Struktur Darah berbasis Diagram Vee. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(3):361–71. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v6i3.9408
Hindriana, A., F. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Praktikum Berbasis Diagram Vee Guna Memfasilitasi Kegiatan Laboratorium Secara Bermakna. Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi, 12(1),62-68. DOI: https://10.25134/quagga.v12i1.2331
Istawa, R. ., Supriatno, B. ., & Anggraeni, S. . (2020). Analisis Kualitas Struktur Lembar Kerja Peserta Didik pada Materi Struktur Tulang Berbasis Diagram Vee. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(4), 434-441. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v6i4.9500
Iswadi, N.R., Hasanuddin, A., & Syafrianti, D. (2021). Analisis Kendala Praktikum Biologi di Sekolah Menengah Atas. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 7(2), 169-178. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v7i2.12777
Izmilia, Emil & Suryati, Suryati & Masrullita, Masrullita & Sulhatun, St & Nurlaila, Rizka. (2023). Pengaruh Variasi Konsentrasi Asam Sitrat Dan Suhu Pada Tahap Demineralisasi Untuk Pembuatan Kitosan Dari Limbah Tulang Sotong (Sephia Officinalis). Chemical Engineering Journal Storage (CEJS), 3. DOI: https://10.29103/cejs.v3i4.10342
Jumrodah., Awaluddin, A.M., Najwa, F., Anwar, M.S., & Alya, N. et al. (2023). Analisis Hambatan Guru Dalam Pembelajaran Biologi Berbasis Praktikum Di SMAN 2 Buntok. JPSP: Jurnal Penelitian Sains dan Pendidikan, 3(1), 92-104. DOI: https://doi.org/10.23971/jpsp.v3i1.5987
Lieung, K. W. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Musamus Journal of Primary Education, 073–082. https://doi.org/10.35724/musjpe.v1i2.1465
Muzakki, N.A., Supriatno,B., & Anggraeni, S. (2021). Rekonstruksi Desain Kegiatan Laboratorium (DKL) Pada Materi Bioteknologi Dengan Pendekatan Saintifik. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 4(2), 136-145. DOI: https://doi.org/10.31539/bioedusains.v4i2.2329
Novak & Gowin. (1984). Learning How to Learn. New York: Cambridge University Press.
Nurhaeni, Rauf, R.S., & Hardi, J. (2018). KAJIAN EKTRAKSI GELATIN DARI TULANG IKAN KATOMBO (Selar Crumenopthalmus). KOVALEN: Jurnal Riset Kimia, 4(2), 121-130. DOI: https://doi.org/10.22487/kovalen.2018.v4.i2.11738
Pratiwi, G. (2020). Penggunaan Augmented Reality Untuk Memfasilitasi Perubahan Representasi Konseptual Siswa Tentang Sistem Eksresi Dan Keterampilan Berpikir Kritis. [Skripsi]. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Putri, W.A., Astalini., & Darmaji. (2022). Analisis Kegiatan Praktikum untuk Dapat Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kritis. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3362-2268. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2638
Qodri, D. N., & Fuadiyah, S. (2022). Kualitas Lembar Kerja Praktikum Pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Menggunakan Diagram Vee. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1), 54–60. DOI: https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.40277
Ramadhayanti, R., Anggraeni, S., & Supriatno, B. . (2020). Analisis dan Rekonstruksi Lembar Kerja Peserta Didik Indra Pengecap Berbasis Diagram Vee. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 200-213. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9441
Rohmawati, M.D. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Heuristik Vee Berbantuan LKS Perdu Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Pada Materi Gerak Pada Tumbuhan. (Skripsi). Universitas Negeri Semarang, Semarang.
Sari, Y. A., & Sopwan, D. (2021). Pengembangan Lks Praktikum Insekta Berbasis Diagram Vee Untuk Mengurangi Beban Kognitif Siswa SMA KELAS X. Sinau : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Humaniora, 7(2), 80-92. DOI: https://doi.org/10.37842/sinau.v7i2.70
Supriatno, Bambang. (2018). “Praktikum Untuk Membangun Kompetensi.” Proceeding Biology Education Conference 15(1):1–18.
Tanjung, S.R. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Pokok Sistem Gerak Pada Manusia di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sibabangun. Jurnal Edugenesis-Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 4(2), 62-67. ISSN. 2685-1784.