PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI ULAR TANGGA PADA MATERI ENERGI DALAM SISTEM KEHIDUPAN DI KELAS VII SMPN 1 KABILA BONE
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Abdurrahman, R., Mulyani, S., & Utami, B.
(2015). Pengaruh Model
Pembelajaran Problem Solving dan
Student Teams Achievement Divisions
(STAD) Berkombinasi Drill And Practice
dengan Memperhatikan
Kemampuan Matematika terhadap Prestasi
Belajar Siswa (Pokok Bahasan Konsep
Mol Kelas X MIPA SMA Negeri 3
Surakarta Semester Genap Tahun
Pelajaran 2014/2015). Jurnal Pendidikan
Kimia, 4(4).
Ahmad, S. (2013). Teori Belajar dan
Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana
Prenada Media Group.
Ainin, M. (2013). Penelitian Pengembangan
Dalam Pembelajaran Bahasa Arabi.
OKARA: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 7(2).
Akbar, R., & Hawadi. (2004). Akselerasi : AZ program percepatan belajar dan anak
berbakat intelektual. Grasindo.
Amri, S., & Rohman, M. (2013). Strategi dan
Disain Pengembangan Sistem
Pembelajaran. Prestasi Pustaka Karya.
Agustiani, D., Toheri, & Darwan. (2019).
Pengaruh Penggunan Media Pembelajaran
Berbasis Komputer Terhadap Motivasi
Belajar Dan Keterampilan Komputer Siswa
dalam Belajar Matematika. Inspiramatika,
(1), 9–21.
https://doi.org/10.52166/inspiramatika.v5i
1583
Aisyah, A. Y. A., Utami, S. D., & Harisanti,
B. M. (2023). Penerapan Peer Tutoring
Untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Kognitif Siswa Materi Pencemaran
Lingkungan Kelas X MS 1B di SMA
Negeri 1 Kediri Tahun Pelajaran 2021 /
JURNAL PEDAGO BIOLOGI, 11(1),
–24.
Amir, A., & Parumbuan, M. D. (2018). The
Development of Teaching Media Video
Instructional Book at The Student Courses
Technology Education, Faculty of
Education, University State Makassar.
Indonesian Journal of Educational Studies,
(2), 154–162.
Baharuddin, Halimah, A., Nursalam, &
Mattoliang, L. A. (2020). Pengembangan
Media Pembelajaran Interaktif Berbasis
Multimedia. Al Asma : Journal of Islamic
Education, 2(1), 97–110.
Borg, W. R., & Gall, M. D. (1983).
Educational Research: An Introduction
(Fifth Edition). Longman.
Budiarto, I. (2017). Analisis Speaking Siswa
Kampus Bahasa Bloom Bank Melalui
Treatment 2 Dimensi . Jurnal Susunan
Artikel Pendidikan, 1(3).
Danggu, J. R., Yusuf, M., & Paramata, D.
D. (2023). Kepraktisan Media
Pembelajaran Permainan Ular Tangga
Menggunkaan Model Kooperatif Tipe
STAD pada Materi Suhu dan Kalor Di
SMP. Jurnal Jendela Pendidikan, 3(02),
–165.
Eliyah. (2019). Validitas Tes Sebagai Media
Ukur Ketepatan Evaluasi Mengukur
Pencapaian Tujuan Pembelajaran Di
Sd/MI. Jurnal Edukatif, V(1), 43–49.
Endaswara, S. (2019). Metodologi
Penelitian Zologi Sastra. Graha Ilmu.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar
Mengajar. Pustaka Setia.
Harjanto, A., Rustandi, A., & Caroline, J.
A. (2022). Implementasi Model
Pengembangan 4D Dalam
Mengembangkan Media Pembelajaran
Berbasi Online Pada Mata Pelajaran
Pemrograman Web di SMK Negeri 7
Samarinda. SIMADA (Sistem Informasi
Dan Manajemen Basis Data), 5(2), 1–12.
https://smkn7-smr.sch.id/media/.
Hasby, & Nurhafidhah. (2018). Pengaruh
Penggunaan Media Ular Tangga Pada
Materi Hidrokarbon Terhadap Hasil
Belajar Siswa Kelas XI SMAN 4 Langsa.
KATALIS Jurnal Pendidikan Kimia Dan
Ilmu Kimia, 1(2), 14–20.
Hastiwi, F., Ratnaningsih, A., & Suyoto.
(2021). Pengembangan Media Ular
Tangga Berbasis Teori Belajar
Behavioristik Pada Tema 8 Lingkungan
Sahabat Kita Kelas V SD Negeri 1
Pucangagung. Syntax Idea, 8(3), 14–15.
https://doi.org/https://doi.org/10.46799/syn
tax-idea.v3i8.1418
Heinich, robert, Syaukani, I., & Perin, P. G.
(1993). Instructional Media and the New
Technologies of Instruction. Macmillan
Publishing Company.
Ibrahim, E. (2021). Development of snake
ladder instructional media using STAD
cooperative model for class VIII MTS
students. Journal of Science Education
Research, 5(1), 14–20.
https://doi.org/10.21831/jser.v5i1.38265
Insani, N., Syahril, & Nor, M. (2022).
Pengembangan Instrumen Tes Sumatif Berbantuan
Software Wondershare Quiz Creator Pada
Pembelajaran Fisika Kelas X SMA. Jurnal
Pendidikan Tambusai, 6(3), 13961–13970.
https://doi.org/10.31004/jptam.v6i3.4824
Karimah, R. F., Supurwoko, &
Wahyuningsih, D. (2014). Pengembangan
Media Pembelajaran Ular Tangga Fisika
Untuk Siswa SMP/Mts Kelas VIII. Jurnal
Pendidikan Fisika, 2(1).
Karnaen. (1980). Asas - Asas Media
Pembelajaran. IKIP Bandung.
Kemendikbud. (2013). Permedikbud
Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar
Proses. Kemendikbud.
Latjompoh, M., Odja, A. H., & Toonawu
Novita. (2021). Kemampuan Berpikir
Kreatif Siswa Menggunakan Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams
Games Tournament (Tgt) Berbantuan
Media Ular Tangga Pada Materi Energi
Dalam Sistem Kehidupan. Jurnal
Pendidikan Fisika Tadulako Online, 9(3).
Latifah, N., Saifuddin, A., & Widiarini, W.
(2023). Developing The Snake And
Ladder Game As Media For Teaching
Vocabulary At Ma Al Khoiriyah. Jurnal
Ilmiah Mandala Education, 9(3), 1717–
https://doi.org/10.58258/jime.v9i3.5506
Mardiah, K. R., Tahir, M., & Husniati, H.
(2021). Pengembangan Media Permainan
Ular Tangga pada Pembelajaran Tematik
Subtema Indahnya Keragaman Budaya
Negeriku di Kelas IV SDN 38 Ampenan.
Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3),
–427.
https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.269
Miarso. (1989). Definisi Teknologi
Pendidikan. Prenada Media Group.
Musfiqon. (2012). Pengembangan
Media dan Sumber Pembelajaran.
Prestasi Pustakarya.