PRAKTIKALITAS DAN EFEKTIVITAS APLIKASI SCIENCE IN AL QURAN (SCIQU) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ANDROID

Amam Taufiq Hidayat
Muttakin Muttakin
Zainul Mujtahid
Munzir Absa


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i3.4941

Abstract


Pengembangan media pembelajaran yang diintegrasikan dengan aplikasi android menjadi pilihan dalam meningkatkan minat belajar siswa. Terlebih kemudahannya untuk dapat digunakan sebagai media belajar setiap saat dimanapun berada. Penelitian ditujukan untuk mengetahui tingkat kepraktisan dan keefektivan komik berbasis android atau SCIQU sebagai media pembelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE dan sampel penelitian siswa kelas V MI Negeri 3 Aceh Utara dan MI Negeri 4 Aceh Utara. Uji coba media pertama kali dilakukan pada  kelompok sekala kecil, yakni siswa kelas V MI Negeri 1 Lhokseumawe. Setelahnya para siswa tersebut melakukan pengisian angket praktikalitas. Hasil analisis angket tersebut diperoleh tingkat kepraktisan sebesar 87%, atau dikategorikan media sanagat praktis. Hasil tersebut menyatakan tidak diperlukannya perbaikan terkait praktikalitas media, sehingga bisa langsung diujicobakan pada kelompok skala besar, yakni siswa kelas V MI Negeri 3 Aceh Utara dan MI Negeri 4 Aceh Utara. Hasil uji coba media pada kelompok besar didapati persentase kepraktisan masing-masing sekolah sebesar 87% dan 88,5%. Hasil tersebut menyatakan media kategori sangat praktis. Selanjutnya dilakukan evaluasi untuk melihat ketuntasan belajar siswa melalui soal evaluasi yang tersedia pada media komik. Hasil evaluasi diperoleh tingkat efektivitas media masing-masing sekolah sebesar 79% dan 85%,  atau kategori media sangat efektif.

Keywords


Komik; android; IPA

Article Metrics :

References


Chusniah, E. R., & Setianingsih, R. (2021). Pengembangan Komik Matematika Berbasis Kontekstual Untuk Materi Lingkaran. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains, 3(2), 55. https://doi.org/ 10.26740/ jppms.v3n2.p55-64

Elisyah, N., & Hidayat, A. T. (2024). VALIDITAS LKPD DAN VIDEO PEMBELAJARAN MATERI OPERASI. Indo-MathEdu Intellec tuals Journal, 5(1), 225–231. https:// doi.org/10.54373/imeij.v5i1.599.

Fadieny, N., Andriani, R., & Hidayat, A. T. (2023). Efektivitas Modul Elektronik Fisika Berbasis Experiential Learning Berbantuan Smartphone terhadap Peningkatan Kompetensi peserta Didik. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 13(September), 486–494. https:// doi.org/10.33087/dikdaya.v13i2.519

Hadi, W. S., & Dwijananti, P. (2015). Pengembangan Komik Fisika Berbasis Android Sebagai Suplemen Pokok Bahasan Radioaktivitas Untuk Sekolah Menengah Atas. UPEJ (Unnes Physics Education Journal), 4(2), 15–24. https://doi.org/ 10.15294/upej.v4i2.7431

Handayani, T. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(3), 737–756. https://doi.org/10.26811/ didaktika.v5i3.343

Hidayatsyah, Elisyah, N., Hidayat, A. T., & Ayunda, D. S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 14(2), 510–520. https:// doi.org/10.37304/jikt.v14i2.277

Hidayatsyah, H., Hidayat, A. T., & Elisyah, N. (2023). Kemampuan Disposisi Matematis Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan GeoGebra. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1915–1923. https:// doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2425

Lukman, I., & Ulfa, A. (2020). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Kimia Siswa SMA Melalui Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(2), 157–164. https://doi.org/10.17977/ um031v7i22020p157

Mahmuzah, R., Hidayat, A. T., Qausar, H., Sinaga, N. A., Arinal, T. M., & Darmawan, M. P. (2023). Analisis Validitas Mathematics Comic Application Sebagai Media Pembelajaran Bermuatan Etnomatematika Berbasis Android. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 989–996. https:// doi.org/10.31932/j-pimat.v5i2.2917

Marpiantini, N. M., Kristiantari, M. G. R., & Gading, I. K. (2022). Pengembangan Media Strip Comic Berbasis Android Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 167–178. https://doi.org/10.38048/ jipcb.v9i1.664

Mujahadah, I., Alman, A., & Triono, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Komik untuk Meningkatkan Hasil dan Minat Belajar Matematika Peserta Didik Kelas III SD Muhammadiyah Malawili. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(1), 8–15. https://doi.org/10.36232/ jurnalpendidikandasar.v3i1.758

Mujtahid, Z., Rahadi, I., & Sinaga, N. A. (2024). Analysis of Student s ’ Skills in Developing Mathematics Learning Videos Using ICT-Based Learning Media. Jurnal Ilmu dan Pendidikan Matematika, 2(1), 79–85. https://doi. org/10.33830/hexagon.v2i1.7646

Muttakin, M., Mujtahid, Z., Hidayat, A. T., Absa, M., Attahara, T., & Nursada, R. (2023). Feasibility of Android-Based Application SCIQU (Science in Al-Quran) as Science Learning Media for Madrasah Ibtidaiyah (MI). Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(SpecialIssue), 1–9. https://doi.org/ 10.29303/jppipa.v9ispecialissue.5874

Pangaribuan, S. S. A., Muliana, M., Isfayani, E., Nufus, H., & Hidayat, A. T. (2023). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Talking Stick Berbantuan Video Animasi. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, 3(2), 110. https:// doi.org/10.29103/jpmm.v3i2.12384

Rahmata, A. (2021). Pengembangan E-Comic Matematika Berbasis Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Bermuatan Etnomatematika Materi Aritmetika Sosial. MATHEdunesa, 10(1), 32–44. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v10n1.p32-44

Setiawaty, S., Imanda, R., Rahmi, A., Lukman, I. R., & Ramadhani, A. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android Pada Materi Kimia Sistem Koloid. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(6), 4851–4855. https://doi.org/10.29303/ jppipa.v9i6.2304

Widya, Ginting, F. W., Iqbal, M., & Andriani, R. (2023). Validity of a Physics E-Module Based on Creative Problem Solving Model Integrated With Renewable Energy. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(12), 11544–11550. https://doi.org/ 10.29303/jppipa.v9i12.5959

Widya, Maielfi, D., & Alfiyandri. (2021). Need Analysis for Physics E-Module Based on Creative Problem Solving Integrated 21st Century Skills. Journal of Physics: Conference Series, 1940(1). https://doi.org/ 10.1088/1742-6596/1940/1/012110

Widya, W., Andriani, R., Sudirman, S., Hidayat, A. T., & Elisyah, N. (2023). The Effectiveness of Physics E-Modules Based on Creative Problem-Solving Learning Model Integrated with 21st-Century Skills. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 6(1), 48–58. https://doi. org/10.24042/ijsme.v6i1.14584

Widya, W., Yusmanila, Y., Zaturrahmi, Z., & Ikhwan, K. (2022). Praktikalitas E-Module Berbasis Model Creative Problem Solving (CPS) untuk Materi Fluida Dinamis Terintegrasi Keterampilan Abad 21. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5700–5707. https://doi.org/10.31004/ edukatif.v4i4.3313