PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL BERBASIS STEM PADA MATERI GANGGUAN SISTEM PERNAPASAN MANUSIA
Abstract
Materi sistem pernapasan manusia tidak dapat dilihat secara kasat mata, apalagi pada gangguan sistem pernapasan, yang membutuhkan media untuk divisualisasikan. Pembelajaran yang masih ceramah dan buku paket serta kurang bervariasinya media menyebabkan peserta didik bosan dan tidak tertarik untuk belajar, sehingga memerlukan inovasi media dan strategi untuk dapat memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sarana pendidikan berupa media komik digital berbasis STEM pada materi gangguan sistem pernapasan manusia. Jenis penelitian ini R&D dengan Model Plomp 2013 melalui tahapan : 1) analisis; 2) rancangan dan pengembangan prototipe; dan 3) evaluasi. Pengumpulan data penelitian menggunakan wawancra, dokumentasi, dan instrumen angket. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Evaluasi yang dilakukan adalah validasi meliputi; 1) materi; 2) media. Hasil persentase dari ahli materi memperoleh 88,8 % dan ahli media memperoleh 87,8 % dengan kriteria persentase yaitu “sangat valid”. Hasil dari validasi memperlihatkan bahwa media yang dikembangkan oleh peneliti dapat diterapkan dan layak digunakan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.
Anesia, R., Anggoro, B. S., & Gunawan, I. (2018). Pengembangan Media Komik Berbasis Android pada Pokok Bahasan Gerak Lurus. Indonesian Jurnal of Science and Mathematics Educaton, 01(1), 53–57.
Hasbiyati, H., Afidati, N. I., & Haque, A. (2022). Pengembangan Multimedia Buku Digital Materi Pencemaran Lingkungan Pada Pembelajaran Ipa. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 13(2), 177.
Hasbiyati, H., & Khusnah, L. (2017). Penerapan Media E-Book Berekstensi Epub Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Smp Pada Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Pena Sains, 4(1), 16.
Irfana, N., Iswari, R. S., & Article, I. (2018). Pengembangan Komik Digital “ Let ’ s Learn About Virus ” Sebagai Media Pembelajaran Biologi Siswa Kelas X SMA. Journal of Biology Education, 6(3), 258–264.
Irma, E. N. D., Sennen, E., & Supardi, K. (2021). Integrasi Pendekatan STEM (Science , Technology , Enggeenering and Mathematic) Untuk Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(1), 24–31.
Kusuma, P. A., & Airlanda, G. S. (2022). Pengembangan Video Klip Lagu Materi SIstem Pernafasan Manusia untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8675–8685.
Maryuliana, Subroto, I. M. I., & Haviana, S. F. C. (2016). Sistem Informasi Angket Pengukuran Skala Kebutuhan Materi Pembelajaran Tambahan Sebagai Pendukung Pengambilan Keputusan Di Sekolah Menengah Atas Menggunakan Skala Likert. Jurnal Transistor Elektro Dan Informatika, 1(2), 1–12.
Megantari, K. A., Margunayasa, I. G., & Agustiana, I. G. A. T. (2021). Belajar Sumber Daya Alam Melalui Media Komik Digital. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 139–149.
Munawaroh, S., & Wahidin. (2022). Komunikasi Ilmiah Siswa Sekolah Dasar melalui Proyek Permainan STEM (Sains, Technology, Engineering, and Mathemathic). Jurnal Basicedu, 6(4), 6967–6974.
Plomp, T. (2013). Educational Design Research: An Introduction. In T. Plomp & N. Nieveen (Eds.), Educational Design Research Part A: An Introduction.
Retnoningsih, D. A., Kristyaningrum, D. H., Peradaban, U., Info, A., & April, P. (2021). Modul Sains Komik (MOSAKO) Berbasis Science Technologi Engenering And Mathematic (STEM). Khazanah Pendidikan-JIK, 15(1), 51–64.
Saputra, V. H., & Pasha, D. (2021). Komik Digital Berbasis Scientific Method Sebagai Media Pembelajaran di Masa Pandemi COVID - 19. Jurnal Riset Tekonologi Dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 4(1), 89 100.
Thoybah, L. N., Rohmadi, M., & Lestariningsih, N. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Materi Virus Terintegrasi Nilai Islam Di MAN Kota Palangka Raya. JPSP : Jurnal Penelitian Sains Dan Pendidikan, 1(2010), 112–121.