PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS SCIENTIFIC INQUIRY TERINTEGRASI ETNOSAINS PADA MATERI ZAT ADITIF DAN ZAT ADIKTIF

Nuril Hilma
Yudha Irhasyuarna
Sauqina Sauqina


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i3.4611

Abstract


Penelitian ini dilakukan peneliti karena dilatar belakangi oleh belum adanya modul IPA yang yang dapat digunakan dalam pembelajaran sebagai perantara antara materi pelajaran IPA berbasis scientific inquiry terintegrasi Etnosains Kalimantan. Modul yang dikembangkan dibatasi untuk pokok bahasan zat aditif dan zat adiktif berbasis Scientific inquiry terintegrasi etnosains Kalimantan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan validitas modul pembelajaran berbasis scientific inquiry terintegrasi etnosains pada materi zat aditif dan zat adiktif. Metode yang digunakan adalah metode 4D. Data penelitian ini didapatkan melalui lembar validasi modul yang telah dilakukan, hasilnya didapatkan bahwa hasil penelitian modul ini bisa dikatakan valid dengan skor rata-rata 89,7% (sangat valid). Dari hasil penelitian yang didapat maka dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPA materi zat aditif dan zat adiktif berbasis Scientific inquiry terintegrasi etnosains telah layak digunakan pada pembelajaran

Keywords


modul; scientific inquiry; etnosains

Article Metrics :

References


Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Ardianti, S.D. dkk. (2019). Penilaian Kebutuhan Modul Edutainment dengan Pendekatan Etnoscience yang Berorientasi pada Cinta Pada Negara. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 8(2). 153-161

Ardianti, S.D., Pratiwi, I.A., & Kanzunnudin, M. (2017). Implementasi Project Based Learning (PjBL) Berpendekatan Science Edutainment Terhadap Kreativitas Peserta Didik. Jurnal Refleksi Edukatika. Jurnal Refleksi Edukatika. 7(2). 145–150

Ardianti, Sekar Dwi dkk. (2019). Respon Siswa dan Guru Terhadap Modul Ethno-Edutainment di sekolah Islam Terpadu. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. 14 (1). 1-24

Azhary, S. A.-G., Suryadarma, I. G. P., Devitasari, P. I., & Kuswanto, K. (2020). Development of Science E-Flipbook Integrated Illegal Sand Mining on River Basin to Improve Environmental Care Attitude. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application). 3(1). 26-30

Devitasari, Puspa Indah. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan Web Modul IPA Terintegrasi Tanaman Lokal untuk SMP Kelas VIII. Jurnal Al-Mujaddid Humaniora. 8 (2). 75-85

Dewi, Citra Ayu ett all. (2021). Pengaruh Pembelajaran Kolaboratif Kontekstual Berbasis Etnosains terhadap Meningkatkan Kemampuan Literasi Ilmiah Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Turki. 18(3). 525-541

Haspen, Cici Dwi Tisa and Syafriani. (2020). The Preliminary Study in the Development of e Physics Module Integrated Ethnoscience. Journal of Physics: Conference Series. 1481 (1). 012056

Hia, Zafanika. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Scientific Inquiry Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Optika Geometri Di Kelas X SMK Taruna Tekno Nusantara Medan Tahun Pembelajaran 2020/2021. Skylandsea Profesional Journal Ekonomi, Bisnis dan Teknologi. 1 (2). 153-158.

Kemendikbud. 2017. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) untuk Siswa SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kemendikbud.

Marliana, Hikmah dkk. (2013). Pendidikan berbasis muatan lokal sebagai sub komponen kurikulum. Dinamika Ilmu. 2(1)

Nisa, Asifa Khoirun. (2022). Development Of Sets-Based Science E-Module to Improve Critical Thinking Skills of Grade VIII Students on Additive And Addictive Substances Material. Jurnal Pendidikan, Biologi dan Terapan. . 7 (2). 7 – 20

Nita, Riska, Syubhan Annur dan Mella Mutika Sari. (2020). Pengembangan Modul IPA Materi Sistem Gerak pada Makhluk Hidup Berbasis Kearifan Lokal. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE). 3 (1). 281-292

Rahmah, S., Puspitasari, R., Lubis, R., & Festiyed. (2019). Analisis buku ajar IPA kelas VIII berdasarkan pada literasi lingkungan. Pillar of Physics Education Journal. 12 (3).

Riduwan. (2012). Skala Pengukuran Variabel-variabel Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Risdianto, E., Dinissjah, M. J., Nirwana, D., & Kristiawan, M. (2020). The Effect of Ethno Science-Based Direct Instruction Learning Model in Physics Learning on Students’ Critical Thinking Skill. Universal Journal of Educational Research. 8(2), 611–615

Sarah, Muya. (2021). Pengembangan Modul Ipa Materi Zat Aditif dan Zat Adiktif pada Bahan Pangan Khas Banjar Berbasis Literasi Sains. Skripsi. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat

Sari, Rona Tulana. (2017). Uji Validitas Modul Pembelajaran Biologi Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Melalui Pendekatan KonstruktivismeUntuk Kelas IX SMP. Scientiae Educatia: Journall Pendidikan Sains. 4 (1). 22-26

Sari, R. T., & Jusar, I. R. (2018). Analysis of science learning process by using learning module of character education oriented through quantum learning approach. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 4(1). 14-24

Setiawan, B., Innatesari, D. K., Sabtiawan, W. B., & Sudarmin, S. (2017). The development of lokal wisdom-bsed natural science module to improve science literation of students. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(1). 49-54

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan RND. Bandung: CV alfabeta

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta Bandung.

Syaifullah, R dan Dilirosta, S. (2021). Development of E-Module Based on Ethnoscience Approaches on Additive and Addictive Substance for Junior High School. Science Education Journal. 4 (2). 142-148

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Dan Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wanabuliandari, S., Ardianti, S., Saptono, S., Alimah, S., & Kurniasih., N. (2018). Edutainment Module based on Local Culture of Eastern Pantai Utara, Central Java Reviewed From Experts. International Journal of Engineering & Technology. 7(2.14). 242–245