PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI TUBUH MAKHLUK HIDUP BERDASARKAN KURIKULUM MERDEKA DAN PENDEKATAN SAINTIFIK SISWA SMP KELAS VIII

Muhamad Amrul Wafa
Rahyu Setiani


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i2.4509

Abstract


Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum baru yang diterapkan pada bidang pendidikan di Indonesia. Dalam penerapan kurikulum merdeka dibutuhkan suatu bahan ajar serta pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan peserta didik untuk menyampaikan materi pembelajaran. Pada mata pelajaran IPA di SMPN 1 Boyolangu dalam menyampaikan pembelajaran di kelas masih menggunakan bahan ajar kurikulum 2013, dimana guru membutuhkan 2 bahan ajar kurikulum 2013 untuk menyampaikan matari dalam satu Capaian Pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti mengembangkan bahan ajar berdasarkan kurikulum merdeka dan pendekatan saintifik materi struktur dan fungsi tubuh makhluk hidup pada kelas VIII. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation) dalam mengembangkan produk bahan ajar. Berdasarkan hasil penelitian produk bahan ajar ini memperoleh nilai kevalidan dan kepraktisan yang tinggi, produk bahan ajar ini memperoleh rata-rata nilai kevalidan dari ahli materi sebesar 83% dengan kriteria “Sangat Valid” dan memperoleh rata-rata nilai sebesar 86,36% dengan kriteria “Sangat Valid” untuk nilai validasi ahli media. Sedangkan pada penilaian kepraktisan guru dan peserta didik memperoleh nilai rata-rata sebesar76,1% dengan kategori “Praktis”. Dengan demikian Bahan Ajar materi struktur dan fungsi tubuh makhluk hidup berdasarkan kurikulum merdeka dan pendekatan saintifik ini layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran IPA di kelas.


Keywords


Bahan Ajar; Kurikulum Merdeka; Pengembangan; Pendekatan Saintifik

Article Metrics :

References


Armiati, Irhasyuarna, Y., & Putri, R. F. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi Sains Pada Materi Kemagnetan. Jurnal Pahlawan , 30-37.

Gusrianto, R., & Rahmi, U. (2022). Pengembangan E-Modul Pada Mata Pelajaran Informatika Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Kelas VII SMP. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan , 11, 173-180.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Kusumaryono, R. S. (2020, Februari 18). Merdeka Belajar. Retrieved Januari 09, 2023, from Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan: https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/merdeka-belajar

Liana, D. (2020). Berpikir Kritis Melalui Pendekatan Saintifik. J. Mitra PGMI , 15-27.

Pinatih, S. A., & Putra, S. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Pendekatan Saintifik pada Muatan IPA. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan , 115-121.

Rismayanti, T. A., Anriani, N., & Sukirwan. (2022). Pengembangan E-Modul Berbantu Kodular pada Smartphone untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika , 859-873.

Sari, N. K., Widiartini, N. K., & Angendari, M. D. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Embroidery Berbasis Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Bosaparis: Pendidikan Kesejahteraan Keluarga , 13, 28-36.

Supardi. (2020). Landasan Pengembangan Bahan Ajar. Mataram: Sanabil.

Syafrina, I., & Nelmira, W. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Pembuatan Sulaman Timbul Pada Mata Kuliah Sulaman Universitas Negeri Padang. Gorga Jurnal Seni Rupa , 105-110.

Widoyoko, E. P. (2015). Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.