PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP

Difani Almi Na'imah
Sutarto Sutarto
Pramudya Dwi Aristya Putra


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i2.4359

Abstract


IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) merupakan bidang studi tentang berbagai peristiwa yang terjadi di alam sekitar diorganisasikan menjadi sebuah ilmu yang mencakup proses dan produk. Siswa diharapkan memiliki kemampuan-kemampuan yang mendukung dalam kehidupan bermasyarakat kedepannya, diantaranya kemampuan berpikir kreatif, kemampuan kolaborasi, kemampuan komunikasi dan keterampilan berpikir kritis. Penelitian yang dilakukan memiliki tujuan mengkaji pengaruh model pembelajaran Think Pair Share pada materi getaran dan gelombang terhadap hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan kuasi eksperimen digunakan dalam pross pengambilan data, serta memakai nonequivalent control group design. Penelitian dilakukan di SMPN 2 Rogojampi, Banyuwangi. Sampel diambil sebanyak 2 kelas yaitu control (8E) dan eksperimen (8H). Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Hasilnya menunjukkan bahwa model Think Pair Share pada materi getaran dan gelombang berdampak secara signifikan terhadap hasil belajar siswa SMP aspek keterampilan dan tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SMP ranah afektif dan kognitif serta berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMP.

Keywords


Hasil Belajar IPA; Keterampilan Berpikir Kritis; Think Pair Share

Article Metrics :

References


Astiti, N. D., Mahadewi, L. P. P., & Suarjana, I. M. (2021). Faktor yang mempengaruhi hasil belajar IPA. Mimbar Ilmu, 26(2), 193–203.

Astuti, D. (2017). Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Kelas I. Jurnal Riset Dan Konseptual, 2(3), 328–334.

Facione, P. A. (2015). Critical Thinking: What It Is And Why It Counts. California: Measured Reasons and the Californias Acedemic Press.

Fitriyah, N. (2017). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (Tps) Dan Student Team Achievment Division (Stad) Pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Kelas X Tav Di Smk Negeri 7 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 6(1).

Juhji, J., & Suardi, A. (2018). Profesi guru dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik di era globalisasi. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 16–24.

Lestari, D. D., & Muchlis, M. (2021). E-LKPD berorientasi contextual teaching and learning untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi termokimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 5(1), 25–33.

Levina, J., Yarmi, G., & Soekisno, R. B. A. (2022). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dan kooperatif tipe think-pair-share ditinjau dari gaya belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas II SD ABC. POLYGLOT: Jurnal Ilmiah, 18(1), 97–113.

Nurdyansyah, N., & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi model pembelajaran sesuai kurikulum 2013. Nizamia Learning Center.

Putra, P. D. A., Sulaeman, N. F., Supeno, & Wahyuni, S. (2021). Exploring Students’ Critical Thinking Skills Using the Engineering Design Process in a Physics Classroom. The Asia-Pacific Education Researcher, 1–9.

Sulthon, S. (2016). Pembelajaran IPA yang Efektif dan Menyenangkan bagi Siswa MI. Elementary, 4(1).

Sunggu, D. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Organ Pencernaan Makanan pada Manusia melalui Media KIT IPA Murid Kelas IV SDN 169 Sarong Kabupaten Tana Toraja. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 1(3), 151–162.

Sutarto, S., Prihatin, J., & Hervianto, C. P. (2020). Pendekatan Brain-Based Learning Melalui Buku Ajar Materi Sistem Pernapasan Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. FKIP E-PROCEEDING, 5(1), 70–75.

Tamara, T. (2018). Pengaruh penerapan metode think-pair-share dan group investigation terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Indonesian Journal of Economic Education (IJEE), 1(1).

Trianto, T. (2010). Model pembelajaran terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Valianty, M., & Hardini, A. T. A. (2019). Penerapan Model Think Pair Share Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1073–1081.