MODEL-MODEL PEMBELAJARAN UNTUK ERA PASCA PANDEMI

Annisa Isro'ul Utami
Achmad Ali Fikri
Fitalia Rohmawati
Wahyu Indah Sari


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i1.2581

Abstract


Pandemi COVID-19 telah merevolusi setiap aspek kehidupan masyarakat di seluruh dunia. Salah satunya pada bidang pendidikan yang termasuk salah satu sektor vital yang terdampak oleh pandemi ini. Tatanan baru di masa pandemic covid-19 mengakibatkan perubahan di semua kehidupan termasuk sector Pendidikan. Salah satunya beberapa model pembelajaran yang yang sudah di persiapkan oleh pendidikan dalam menghadapi pembelajaran era pasca pandemi. Penelitian ini mendeskripsikan model-model pembelajaran untuk era pasca pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model mana yang sesuai diterapkan untuk era pasca pandemi. Untuk mendeskripsikan hal tersebut, penulis menggunakan metode studi literatur dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan model analisis data Miles &  Huberman. Pada penelitian studi literatur ini penulis menggunakan berbagai sumber referensi seperti artikel jurnal nasional dan internasional, buku dan sumber berita yang relevan. Hasil penelitian yang diperoleh dengan menggunakan studi literatur menunjukkan bahwa model-model pembelajaran sesuai untuk era pasca pandemi.


Keywords


model pembelajaran; pasca pandemi; pendidikan

Article Metrics :

References


Aji, R. H. S. Dampak COVID-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial & Budaya Syar-I, 5(1), hlm. 395-402. 2020. DOI: 10.15408/sjsbs.v7i5. 15314

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada Companies, Inc,. 2001.

Bruner, Jerome, S. Toward a Theory of Instruction. New York: Norton. 1996.

Danial dan Wasriah. Metode Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: Labora torium Pendidikan Kewarganegaraan UPI. 2009.

Fathurrohman, Muhammad. Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-ruzz Media. 2016.

Kusdiastuti, Mahesti dkk. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaaan Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(3), 116-122.). 2016. DOI: 10.29303/jpft.v2i3.298.

Leksono, S. Penelitian Kualitatif Ilmu Ekonomi, Dari Metode ke Metode, Jakarta: Rajawali Pers. 2013.

Paradina, D., Connie, C., & Medriati, R. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas X. Jurnal Kumparan Fisika, 169-176. 2019. DOI: 10.33369/jkf.2.3.169-176.

Sanjaya, Wina. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2008.

Wijoyo, Hadion, Dkk. Blended Learning Suatu Panduan. Sumatra Barat: CV Insan Cendekia. 2020.