ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA DIPADU MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM KELAS 4 DI SD NEGERI I KIPING GONDANG TULUNGAGUNG

Nila Erlina

Sari


Gaya belajar adalah metode yang dimiliki individu untuk mendapatkan informasi, sehingga pada prinsipnya gaya belajar merupakan bagian integral dalam siklus belajar aktif. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan tentang gaya belajar siswa dipadu model pembelajaran Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa pada materi Sumber Daya Alam kelas 4. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri I Kiping Gondang Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian  ini adalah guru dan siswa kelas 4 SD Negeri I Kiping Gondang Tulungagung. Adapun jumlah siswa sebagai subjek dalam penelitian ini adalah 9 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode angket, wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilaksanakan mengenai gaya belajar siswa dipadu model pembelajaran Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam kelas 4 di SD Negeri I Kiping Gondang Tulungagung berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hasil belajar dan gaya belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dan sesudah menggunakan model pembelajaran Think Pair Share pada materi sumber daya alam di SD Negeri I Kiping Gondang Tulungagung menunjukkan “mengalami peningkatan”. Tujuan dari model pembelajaran Think Pair share yaitu siswa diminta untuk berfikir, bergabung dan memaparkan pendapat setiap individu.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Berlin, Sani & Kurniasih Imas.(2017). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.

Ghufron, M. Nur & Risnawati, S Rini.(2013). Gaya Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Moleong, Lexy J.(2014). Metodology Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Nugraha, A. W. (2019). Penerapan Metode Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Materi Faktor Biotik dan Prinsip-Prinsip Ekologi Matakuliah Pendidikan Sains SD 2. Pendidikan dan Pembelajaran Anak Sekolah Dasar, 3(2), 1-5.

Nurcholis. (2018). Analisis Efektivitas Model Pembelajaran SAVI Terhadap Gaya Belajar Siswa Kelas III SD Negeri 01 Sidorejo Tahun Ajaran 2017/2018 Pada Mata Pelajaran IPA. Skripsi: STKIP PGRI Tulungagung.

Nur Wahyuni, Esa & Baharuddin. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: AR Ruzz Media.

Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Yogyakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatid, dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.


Article Metrics :

Sari view : 25 times

PDF View : 11 times

About The Author :

Nila Erlina STKIP PGRI Tulungagung (Indonesia)