UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN PENDEKATAN METODE KARYAWISATA SISWA KELAS IV-B SEMESTER I SDN MEDAENG II KECAMATAN WARU KABUPATEN SIDOARJO TAHUN 2017/2018

TIRAYA PAKPAHAN

Sari


Bahasa Indonesia erat kaitannya dengan guru bahasa Indonesia, yakni orang-orang yang tugasnya setiap hari membina pelajaran bahasa Indonesia. Dia adalah orang yang merasa bertanggung jawab akan perkembangan bahasa Indonesia. Dia juga yang akan selalu dituding oleh masyarakat bila hasil pengajaran bahasa Indonesia di sekolah tidak memuaskan. Istilah belajar dan pembelajaran yang kita jumpai dalam kepustakaan asing adalah learning dan instruction. Istilah learning mengandung pengertian proses perubahan yang relatif tetap dalam perilaku individu sebagai hasil dari pengalaman, (Fortuna, 2009:147). Istilah instruction mengandung pengertian proses yang terpusat pada tujuan (goal directed teaching process) yang dalam banyak hal dapat direncanakan sebelumnya (pre-planed). Proses belajar yang terjadi adalah proses pembelajaran, yakni proses membuat orang lain aktif melakukan proses belajar sesuai dengan rancangan. (Romiszowki, 2011:4)

Berhasil atau tidaknya pengajaran bahasa Idonesia memang diantaranya ditentukan oleh faktor guru, disamping faktor-faktor lainya, seperti faktor murid, metode pembelajaran, kurikulum (termasuk silabus), bahan pengajaran dan buku, serta yang tidak kalah pentingnya ialah perpustakaan sekolah dengan disertai pengelolaan yang memadai. Sekarang ini pengajaran bahasa Indonesia di sekolah-sekolah, dari Taman SD sampai SLTA,

Dengan menggunakan metode karya wisata dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia  pada siswa kelas IV-B Semester I SDN Medaeng II Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo Tahun 2017/2018. Metode karya wisata dapat dijadikan alternatif pembelajaran Bahasa Indonesia sehingga pembelajaran lebih menyenangkan dan siswa tidak bosan dalam belajar.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Penuntut Terampil Berbahasa Indonesia dan Petunjuk Guru. Bandung : Trigenda Karya.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Bandung : Reneksa Cipta.

Depdikbud, 1999. Penyempurnaan atau Penyesuaian Kurikulum 1999. Jakarta.

Fortuna. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Gillbert A. Churchil 2007.. Marketing Research Metodological Foundation. New York : The Dryden Press.

Saiful.2013. Pembelajaran Karya Wisata Jember: Universitas Negeri Jember.

Sudjana.2012. Evaluasi Penilaian Prndidikan.. Bandung : Rosdakskarya

Rustam, Wijaya. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Depdikbud Dirjen Dikti Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.

Udin Sarifuddin.2014. Penelitian Tindakan Kelas.Untuk Guru dan Praktisi.

J.S Badudu. 2010. Didaktik Metodik. Usaha Nasional, Surabaya.

Ramiszouki.2011. ABC Karang Mengarang. Yogyakarta : UP.

Melvin, L. Silberman. 2008. Active Learning, 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung : Nuansa dan Nusamedia.

Riduwan. 2007. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru – Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung : Alfabeta.


Article Metrics

Sari view : 41 times
PDF View : 13 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar


STKIP PGRI Tulungagung Jalan Mayor Sujadi Timur Nomor 7, Plosokandang, Kedungwaru, Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66229 Telepon: (0355) 32142

email: pena.sd@stkippgritulungagung.ac.id

E-ISSN: 2477-8486