PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI POKOK TUMBUHAN HIJAU MELALUI METODE DISKUSI PADA SISWA KELAS V SDN JAMBEARJO 02 TAHUN PELAJARAN 2016/2017

SITI WIDAYANI KHOLIFAH

Sari


Kondisi pada siswa Kelas V SDN Jambearjo 02 Tahun Pelajaran 2016/2017, mempunyai hambatan dalam pembelajaran memahami materi pokok Tumbuhan Hijau. Dengan adanya materi yang cukup banyak dan pola pembelajaran yang sulit dicerna oleh akal pikiran, maka siswa mengalami kemerosotan dalam hal pemahaman materi. Ditambah lagi dengan suatu kondisi bahwa pada mata pelajaran IPA dengan materi Tumbuhan Hijau ini pada dasarnya diperlukan media pembelajaran yang bersifat nyata, akan tetapi pada kenyataannya hingga saat ini masih sedikit tenaga pendidik yang melakukan inovasi dalam rangka pengembangan media pembelajaran.

Mempertimbangkan kondisi tersebut, maka pada kesempatan ini penyusun bermaksud menerapkan metode diskusi yang dikolaborasikan dengan pemanfaatan media power point dan model pembelajaran mind mapping agar kegiatan pembelajaran lebih atraktif dan siswa tidak mudah bosan. Berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa prestasi belajar siswa Kelas V Semester I SDN Jambearjo 02 mengalami peningkatan setelah melakukan kegiatan pembelajaran melalui metode diskusi, hal ini diindikasikan oleh penilaian peneliti terhadap rasa senang dalam melakukan pembelajaran, tingkat pemahaman, serta kerjasama tim dalam mengerjakan tugas kelompok. Jika semula rata-rata hasil penilaian pada Siklus I sebesar 61,67, maka pada pelaksanaan Siklus II meraih rata-rata hasil penilaian sebesar 79,67. Melalui metode diskusi pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), maka dapat diketahui bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada prestasi belajar siswa. Hal ini sebagaimana ditunjukkan pada nilai evaluasi siswa. Jika pada Siklus I jumlah nilai formatif yang dicapai masih sebesar 1090 dengan persentase ketuntasan belajar 10,00%, maka pada Siklus II sudah jauh mengalami peningkatan hingga mencapai nilai formatif sebesar 1660 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 95,00%

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Al Muchtar, 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: PT. Imperial Bhakti Utama

Amstrong, phD., Thomas, 2002. Sekolah Para Juara. Bandung: Mizan Media Utama

Arifin, Zaenal, 2007. Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Arikunto, 2001. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Yogyakarta: PT. Metro Putra

Arikunto, Suharsimi, 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Desmita, 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Rosdakarya

Djamarah, Syaiful Bahri, 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Engkoswara, 2007. Dasar-dasar Metode Pengajaran. Jakarta: PT. Bina Aksara

Fisher, A., 2008. Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga

Gunawan, 2003. Genius Learning Strategy. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Hardner, Howard, 2003. Kecerdasan Majemuk Teori dalam Praktek. Jakarta: Interaksi

Jihad Asep dan Haris Abdul, 2008. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo

Lukmanul Hakim, 2009. Perencanaan Pembelajaran Seri Pembelajaran Efektif. Bandung: CV. Wawancara Partama

Margono, 2006. Evaluasi Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Moedjiono, Hasibuan, 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mulyasa, 2010. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nana Sudajana, 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Riyanto, Yatim, 2001. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC

Samani, M., 2007. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sardiman, 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Trianto, 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progres: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana

Wina, Sanjaya, 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media

Wiyoko, Eko Putro, 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar


Article Metrics

Sari view : 42 times
PDF View : 19 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar


STKIP PGRI Tulungagung Jalan Mayor Sujadi Timur Nomor 7, Plosokandang, Kedungwaru, Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66229 Telepon: (0355) 32142

email: pena.sd@stkippgritulungagung.ac.id

E-ISSN: 2477-8486