UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENERAPKAN METODE GROUP INVESTIGATION MELALUI SOFTWARE MICROSOFT EXCEL PADA SISWA KELAS VIIC MTs. NEGERI 1 MALANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

NURKHOLIS NURKHOLIS

Sari


Kondisi siswa Kelas VIIC Semester II MTs Negeri 1 Malang Kec. Gondanglegi Kab. Malang Tahun Pelajaran 2017/2018, mempunyai hambatan dalam pembelajaran memahami Penyajian Data, terutama dalam bentuk diagram. Padahal dengan adanya media yang tepat, diharapkan akan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa untuk mempelajari materi ini.

Mempertimbangkan latar belakang tersebut, maka pada kesempatan ini penyusun mencoba untuk melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan memanfaatkan Software Microsoft Excel sebagai upaya untuk meningkatkan prestasi belajar Matematika tentang Penyajian Data pada siswa Kelas VIIC MTs Negeri 1 Malang. Pemanfaatan Software Microsoft Excel sebagai upaya untuk meningkatkan prestasi belajar Matematika tentang Penyajian Data dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Guru memberi tugas kepada siswa untuk mengadakan pengamatan pada suatu obyek yang memiliki suatu populasi; 2) Berdasarkan hasil pengamatan, siswa diberi tugas untuk membuat tabel sesuai dengan data yang telah diperoleh; 3) Guru memberikan pengantar materi mengenai langkah-langkah penyajian data dalam bentuk diagram gambar, batang, dan lingkaran dengan mempergunakan bantuan Software Microsoft Excel; 4) Berdasarkan tabel yang telah dibuat oleh siswa, guru memberikan tugas untuk mengubah penyajian data dari bentuk tabel menjadi bentuk diagram gambar, batang, dan lingkaran dengan mempergunakan bantuan Software Microsoft Excel.

Berdasarkan data berupa hasil evaluasi belajar, dapat diketahui bahwa prestasi belajar Matematika tentang Penyajian Data pada siswa Kelas VIIC Semester II MTs Negeri 1 Malang mengalami peningkatan. Jika pada pelaksanaan Siklus I, jumlah rata-rata nilai yang diperoleh siswa sebesar 59,7, maka pada pelaksanaan Siklus II mengalami peningkatan menjadi 82,7. Demikian pula pada persentase ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan dari 10,00% pada pelaksanaan Siklus I menjadi 80,00% pada pelaksanaan Siklus II

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Basuki Wibowo. 2004. Pedoman Penelitian Tindakan Kelas. Depdiknas Dirjen Dikdasmen Tenaga Kependidikan. Jakarta

Dedi Supriawan dan A. Benyamin Surasega, 1990. Strategi Belajar Mengajar (Diktat Kuliah). Bandung: FPTK-IKIP Bandung

Depdikbud. 1992. Undang-Undang No. 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta

Entang, M. 1981. Diagnostik Kesulitan Belajar dan Pengajaran. Penlok Tahap II. P3G. Jakarta: Depdikbud

Hamalik, Oemar. 1983. Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito

Hamalik, O. 2002. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Hasan, 2005, Pokok Pokok Materi Statistik 1 (statistik Deskriptif), Jakarta, Bumi Aksara

IKIP Malang. 2000. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Skripsi, Tesis, Disertasi, Artilel, Makalah, Laporan, Penelitian. Malang. IKIP Malang

Kiranawati. 2007. Metode Investigasi Kelompok (Group Investigation). http: //gurupkn.wordpress.com/ 2007/11/13/ metode-investigasi-kelompok-group-investigation (Diakses tgl 13 November 2007)

Mcklar. 2008. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Group Investigation Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Diklat. http://one.indoskripsi.com/ judul-skripsi/ skripsi-lainnya/ penerapan pembelajaran-kooperatif-model-group-investigation-untuk-meningkatkan-motivasi-dan-has (Diakses tgl 11 Juni 2008)

Miles, M. B. & Hubermen, A. M. 1984. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. Universitas Indonesia, Jakarta

Nasution, 2004, Metode research (penelitian Ilmiah), Jakarta, Bumi Aksara

Silalahi, 2003, Metodologi Penelitian dan Studi Kasus, Sidoarjo, Citramedia

Surakhmad; Winarno. 1990. Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar Metode Teknik Bandung, Tarsito

Tjokronegoro, 2004, Metologi Penelitian Bidang Kedokteran, Jakarta, Balai Penerbit Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia

Udin S. Winataputra. 2003. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka

Wina Senjaya. 2008. Strategi Pembelajaran; Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group


Article Metrics

Sari view : 70 times
PDF View : 25 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar


STKIP PGRI Tulungagung Jalan Mayor Sujadi Timur Nomor 7, Plosokandang, Kedungwaru, Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66229 Telepon: (0355) 32142

email: pena.sd@stkippgritulungagung.ac.id

E-ISSN: 2477-8486