UPAYA MENINGKATAKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KERAGAMAN KENAMPAKAN ALAM DAN SUKU BANGSA SERTA BUDAYA DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING MODEL TGT PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PABEAN II KECAMATAN SEDATI KABUPATEN SIDOARJO

MARSINI MARSINI

Sari


Tujaun penelitiann ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS materi keragaman Kenampakan alam dan suku bangsa serta Budaya Indonesia dengan menggunakan pembelajaran Cooperative Learning Model TGT pada siswa  kelas VI SD Negeri Pabean II  Kecamatan Sedati  Kabupaten Sidoarjo tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian dilaksanakan pada semester I  mulai bulan Agustus – Nopermber 2015. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Pabean II  Kecamatan Sedati  Kabupaten Sidoarjo dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas V berjumlah 18 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dibuktikan dengan adanya siklus. Adapun dalam penelitian ini terdiri atas 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan pembelajaran Cooperative Learning model TGT dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS materi keragaman kenampakan alam dan suku bangsa dan budaya Indonesia pada siswa  kelas V semester I SD Negeri Pabean II  Kecamatan Sedati  Kabupaten Sidoarjo tahun pelajaran 2015/2016. Pada akhir siklus I, siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 61,11% (11 anak) dan siswa yang belum tuntas sebanyak 38,89% (7 anak). Sedangkan pada akhir siklus II, sebanyak 88,89% (16 anak) dan sebanyak 11,11% (2 anak) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata kelas siklus I 6,67 dan rata-rata kelas siklus II 7,66. Hasil non tes pengamatan proses belajar menunjukkan perubahan siswa lebih aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Secara keseluruhan rata-rata kelas mencapai kenaikan sebesar 58,59% dan ketuntasan belajar siswa secara keseluruhan mencapai peningkatan  sebesar 55,3%.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdurrahman dan Bintoro. 2010. Konsep Pembelajaran Cooperative. Jakarta : Gramedia.

Anitah. 2009. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta : Universitas Terbuka.

Budimansyah. 2012. Model Pembelajaran dan Penilaian. Siliwangi. HDB.

Hamalik. 2013. Metode Mengajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Bandung : Tarsito.

Johnson. 2012. Model Pembelajaran Cooperative Learning. Jakarta : Balai Pustaka.

Kagan. 2010. Prinsip-prinsip Pembelajaran Model Cooperative Learning. Jakarta : Balai Pustaka.

Munadir. 2009. Konsep Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Pahyono. 2009. Strategi Pembelajaran Efektif, Modal Pembelajaran Cooperative Learning. Jakarta;: Universitas Terbuka.

Slavin. 2011. Pembelajaran dengan Cooeprative Learning. Harvard University.

Sujatmoko. 2008. Peran Guru dalam Pembelajaran. Jakarta : Depdiknas.

Sukmadinata. 2013. Manajemen Perubahan dalam Pembelajaran. Bandung UPI.

Suryabrata. 2012. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.


Article Metrics

Sari view : 60 times
PDF View : 29 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar


STKIP PGRI Tulungagung Jalan Mayor Sujadi Timur Nomor 7, Plosokandang, Kedungwaru, Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66229 Telepon: (0355) 32142

email: pena.sd@stkippgritulungagung.ac.id

E-ISSN: 2477-8486