PENERAPAN METODE GROUP INVESTIGATION (GI) MELALUI KEGIATAN PENGAMATAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VI SEMESTER II SD NEGERI JATISARI KEC. TAJINAN KAB. MALANG

MISTI'AH MISTI'AH


DOI: https://doi.org/10.29100/jpsd.v3i02.931

Abstract


Kondisi pada siswa Kelas VI Semester II SD Negeri Jatisari Kec. Tajinan Kab. Malang Tahun Pelajaran 2017/2018, mempunyai hambatan dalam pembelajaran memahami pengolahan data dan penyajian data dalam bentuk tabel, diagram gambar, batang, dan lingkaran. Siswa seringkali merasa kebingungan untuk mengolah suatu data menjadi bentuk tabel, diagram gambar, batang, dan lingkaran karena tidak adanya contoh konkrit menyangkut masalah ini. Padahal dengan adanya contoh nyata, diharapkan akan dapat meningkatkan motivasi siswa untuk mempelajari materi ini, apalagi jika ditunjang dengan metode pembelajaran yang tepat.

Dengan mempertimbangkan latar belakang tersebut di atas, maka pada kesempatan ini, penyusun bermaksud melakukan proses pembelajaran dengan mempergunakan metode Group Investigation melalui kegiatan pengamatan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan pemahaman siswa Kelas VI Semester II SD Negeri Jatisari pada mata pelajaran Matematika materi pokok Pengolahan Data.

Berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa meningkatkan pemahaman siswa Kelas VI Semester II SD Negeri Jatisari mengalami peningkatan, hal ini diindikasikan oleh penilaian peneliti terhadap rasa senang dalam melakukan pembelajaran, tingkat pemahaman, serta kerjasama tim dalam mengerjakan tugas kelompok. Jika semula rata-rata hasil penilaian pada Siklus I sebesar 62,08, maka pada pelaksanaan Siklus II meraih rata-rata hasil penilaian sebesar 79,17

Dengan metode Group Investigation (GI) melalui kegiatan pengamatan pada mata pelajaran Matematika pada siswa Kelas VI Semester II SD Negeri Jatisari, maka dapat diketahui bahwa terdapat peningkatan yang signifikan terutama yang berhubungan dengan pemahaman siswa terhadap materi pokok Pengolahan Data. Hal ini sebagaimana ditunjukkan pada nilai evaluasi siswa. Jika pada Siklus I jumlah nilai formatif yang dicapai masih sebesar 1190 dengan prosentase ketuntasan belajar 19,05%, maka pada Siklus II sudah jauh mengalami peningkatan hingga mencapai nilai formatif sebesar 1660 dengan prosentase ketuntasan belajar sebesar 90,48%

Article Metrics :

References


Basuki Wibowo. 2004. Pedoman Penelitian Tindakan Kelas. Depdiknas Dirjen Dikdasmen Tenaga Kependidikan. Jakarta

Dedi Supriawan dan A. Benyamin Surasega, 1990. Strategi Belajar Mengajar (Diktat Kuliah). Bandung: FPTK-IKIP Bandung

Depdikbud. 1992. Undang-Undang No. 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta

Entang, M. 1981. Diagnostik Kesulitan Belajar dan Pengajaran. Penlok Tahap II. P3G. Jakarta : Depdikbud

Hamalik, Oemar. 1983. Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Bandung : Tarsito

Hasan, 2005, Pokok Pokok Materi Statistik 1 (statistik Deskriptif), Jakarta, Bumi Aksara

Hasan, 2005, Pokok Pokok Materi Statistik 2 (statistik Infereansif), Jakarta, Bumi Aksara

Hamalik, O. 2002. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta : PT. Bumi Aksara

IKIP Malang. 2000. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah : Skripsi, Tesis, Disertasi, Artilel, Makalah, Laporan, Penelitian. Malang. IKIP Malang

Kiranawati. 2007. Metode Investigasi Kelompok (Group Investigation). http: //gurupkn.wordpress.com/ 2007/11/13/ metode-investigasi-kelompok-group-investigation (Diakses tgl 13 November 2007)

Mcklar. 2008. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Group Investigation Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Diklat. http://one.indoskripsi.com/ judul-skripsi/ skripsi-lainnya/ penerapan pembelajaran-kooperatif-model-group-investigation-untuk-meningkatkan-motivasi-dan-has (Diakses tgl 11 Juni 2008)

Miles, M. B. & Hubermen, A. M. 1984. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. Universitas Indonesia, Jakarta

Nasution, 2004, Metode research (penelitian Ilmiah), Jakarta, Bumi Aksara

Silalahi, 2003, Metodologi Penelitian dan Studi Kasus, Sidoarjo, Citramedia

Surakhmad; Winarno. 1990. Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar Metode Teknik Bandung, Tarsito

Tjokronegoro, 2004, Metologi Penelitian Bidang Kedokteran, Jakarta, Balai Penerbit Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia

Udin S. Winataputra. 2003. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Pusat Penerbitan Universitas Terbuka

Wina Senjaya. 2008. Strategi Pembelajaran; Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group