PENERAPAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS I SEMESTER I SDN RANDUGADING 04 KEC. TAJINAN KAB. MALANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

INDYAH SISWATI


DOI: https://doi.org/10.29100/jpsd.v3i02.930

Abstract


Permasalah terbesar yang dihadapi para peserta didik sekarang (siswa) adalah mereka belum bisa menghubungkan antara apa yang mereka pelajari dan bagaimana pengetahuan itu akan digunakan. Hal ini dikarenakan cara mereka memperolah informasi dan motivasi diri belum tersentuh oleh metode yang betul-betul bisa membantu mereka. Para siswa kesulitan untuk memahami konsep-konsep akademis (seperti konsep-konsep matematika, fisika, atau biologi), karena metode mengajar yang selama ini digunakan oleh pendidik (guru) hanya terbatas pada metode ceramah. Di sini lain tentunya siswa tahu apa yang mereka pelajari saat ini akan sangat berguna bagi kehidupan mereka di masa datang, yaitu saat mereka bermasyarakat ataupun saat di tempat kerja kelak. Oleh karena itu diperlukan suatu metode yang benar-benar bisa memberi jawaban dari masalah ini. Salah satu metode yang bisa lebih memberdayakan siswa adalah pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL).

Berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman siswa Kelas I Semester I SDN Randugading 04  mengalami peningkatan, hal ini diindikasikan oleh penilaian peneliti terhadap rasa senang dalam melakukan pembelajaran, tingkat pemahaman, serta kerjasama tim dalam mengerjakan tugas kelompok. Jika semula rata-rata hasil penilaian pada Siklus I sebesar 65,3, maka pada pelaksanaan Siklus II meraih rata-rata hasil penilaian sebesar 77,7. Dengan penerapan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa Kelas I Semester I SDN Randugading 04, maka dapat diketahui bahwa terdapat peningkatan yang signifikan terutama yang berhubungan dengan pemahaman siswa terhadap materi pokok Melaksanakan Sesuatu Sesuai dengan Perintah atau Petunjuk Sederhana. Hal ini sebagaimana ditunjukkan pada nilai evaluasi siswa. Jika pada Siklus I jumlah nilai formatif yang dicapai masih sebesar 1280 dengan prosentase ketuntasan belajar 22,75%, maka pada Siklus II sudah jauh mengalami peningkatan hingga mencapai nilai formatif sebesar 1840 dengan prosentase ketuntasan belajar sebesar 100,00%

Article Metrics :

References


Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penilaian Suatu Pendekatan Praktik. Bandung: Rineka Cipta.

Basuki Wibowo. 2004. Pedoman Penelitian Tindakan Kelas. Depdiknas Dirjen Dikdasmen Tenaga Kependidikan. Jakarta.

Dedi Supriawan dan A. Benyamin Surasega, 1990. Strategi Belajar Mengajar (Diktat Kuliah). Bandung: FPTK-IKIP Bandung.

Hamalik, O. 2002. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Karsimin, Akung, 2002. Keterampilan Dasar Mengajar (Modul Umum). Departemen Pendidkan Nasional, Direktoratt Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Dierktorat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama

Miles, M. B. & Hubermen, A. M. 1984. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. Universitas Indonesia, Jakarta

Nasution, 1984. Berbagai Pendidikan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: PT Bina Aksara

Nurhadi, Agus Gerrad Senduk, 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Surabaya: Universitas Negeri Malang

Popham, W. James dan Eva L. Baher, 1984. Bagaimana Mengajar Secara Sistematis. Yogyakarta: Kanisius

Purwanto, Ngalim dan Djenian Alim, 1997. Metodologi Pengajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Bandung: PT Rosda Jaya Putra

Saliwangi, Basennang, 1989. Pengantar Strategi Belajar Bahasa Indonesia.

Malang: IKIP Malang

Soekamto, H. 2001. Peranan Strategi Pembelajaran yang Menekankan pada Aktivitas Siswa dalam Meningkatkan Minat dan Prestasi Siswa Mata Pelajaran IPS – Geografi. Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah Vol. 3 No. 9, 10 Tahun 2001

Sulistyo H, Gunadi. 2000. Sekilas Tentang Metode Penelitian. Disampaikan pada Pelatihan Penulisan Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.

Surakhmad; Winarno. 1990. Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar Metode Teknik Bandung, Tarsito

Udin S. Winataputra. 2003. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Wina Senjaya. 2008. Strategi Pembelajaran; Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Winkel. 1984. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia