PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VI SDN 3 GANDUSARI KECAMATAN GANDUSARI TRENGGALEK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI MENGHITUNG LUAS DAN KELILING SEGI BANYAK MENERAPKAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER TAHUN 2015/2016 SEMESTER I

ERIES NORMA YUSMITA


DOI: http://dx.doi.org/10.29100/jpsd.v2i02.453

Sari


Dalam kehidupan nyata, terdapat banyak siswa yang memiliki anggapan jika proses belajar di kelas adalah hal yang kurang menyenangkan, duduk berjam-jam mendengarkan guru menyampaikan informasi materi berdasarkan buku teks yang telah ditentukan dan mengerjakan tugas dari guru untuk mendapatkan nilai. Kegiatan seperti ini biasanya dijalani pelajar setiap hari, sehingga pelajar menganggap belajar hanya sebagai rutinitas untuk mendapatkan nilai tanpa diimbangi kesadaran untuk menambah pengetahuan baru dan menggunakan pengetahuan yang telah dimilikinya untuk memecahkan suatu masalah sehingga siswa menjadi pasif dan pembelajarannya kurang bermakna.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah“Bagaimana peningkatan prestasi belajar Matematika Materi Menghitung Luas Dan Keliling Segi Banyak Melalui Metode Numbered Heads Together Pada Siswa Kelas VI SDN 3 Gandusari Kecamatan Gandusari Trenggalek Semester I Tahun 2015/2016?”. Sesuai dengan rumusan masalah, maka penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran objektif tentang Peningkatan prestasi belajar siswa Kelas VI SDN 3 Gandusari Kecamatan Gandusari Trenggalek pada pembelajaran matematika materi menghitung luas dan keliling segi banyak menerapkan Metode Numbered Heads Together Tahun 2015/2016 Semester I.Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered  Heads Together (NHT). Penelitian ini dilaksanakan di SDN 3 Gandusari Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek pada siswa Kelas VI SDN 3 Gandusari Semester I Tahun pelajaran 2015/2016 pada mata pelajaran Matematika materiMenghitung Luas Dan Keliling Segi Banyak dengan jumlah siswa sebanyak 17 siswa. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan September sampai dengan bulan Oktober 2014Dari hasil pembahasan siklus I dan siklus II, dapat disimpulkan bahwa setelah guru menerapkan Metode Numbered Heads Together dalam penelitian tindakan kelas ini, prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika Materi Menghitung Luas Dan Keliling Segi Banyak dapat meningkat secara signifikan. Pada tes pra siklus prosentase ketuntasan belajar siswa sebesar 35,29%, pada siklus II meningkat menjadi 64,71%. Hingga pada siklus II prosentase ketuntasan siswa mencapai 100% atau 17 siswa kelas VI sudah dapat tuntas dalam belajar.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmadi, A. dan Supriyono, W. 1990. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Ahmadi, Abu, & Widodo Supriyono. 1991. Psiko-logi Belajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Azwar, Saifuddin. 1996. Tes Prestasi : Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Djalal, M.F. 1986. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa Asing. Malang : P3T IKIP Malang.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Ibrahim. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : University Press.

Lisnawati Simanjuntak. 1993. Metode Mengajar Matematika. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurman, Muhammad. 2006. Pengaruh Penggu-naan Metode Pembelajaran Inkuiri dan Ekspositori Terhadap Sikap Politik Berdemokrasi dan Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran PPKN di SMA (Studi Eksperimen tentang Pengaruh Metode Pembelajaran Terhadap Sikap Politik Berdemokrasi dan Prestasi Belajar PPKN Siswa di SMA NW Pancor – Lombok Timur) Tesis (tidak diterbitkan) Program Pascasarjana IKIP Negeri Singaraja.

Suherman, Erman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Gandusari: Un-iversitas Pendidikan Indonesia.

Sumadi Suryabrata. 1990. Psikologi Pendidikan, Yogyakarta ;Andi Offset.

Syah, Muhibbin. 2001. Psikologi Pendidikan Den-gan Pendekatan Baru. Gandusari : PT Rema-ja Rosdakarya.

Wena, Made. 2011. Startegi Pem-belajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional . Jakarta: bumi aksara.

Winkel. 1987. Psikologi Pengajaran. Jakarta : Gra-media.


Article Metrics

Sari view : 7 times
PDF View : 11 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar


STKIP PGRI Tulungagung Jalan Mayor Sujadi Timur Nomor 7, Plosokandang, Kedungwaru, Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66229 Telepon: (0355) 32142

email: pena.sd@stkippgritulungagung.ac.id

E-ISSN: 2477-8486