PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN BALESONO KECAMATAN NGUNUT KABUPATEN TULUNGAGUNG

YUNETI YUNETI


DOI: http://dx.doi.org/10.29100/jpsd.v2i02.451

Sari


Dalam pembelajaran Matematika di SD, guru membutuhkan metode pembelajaran dengan pendekatan yang efektif yang mendekatkan siswa dengan kehidupan sehari-hari sehingga apa yang dipelajari siswa akan lebih bermakna dan prestasi belajar siswa dapat sesuai dengan tujuan pembelajaran yang diharapkan. Berangkat dari kenyataan tersebut, guru mengadakan penelitian dengan tujuan untuk (a) Mendiskripsikan penerapan pendekatan CTL dalam upaya meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa kelas IV SDN Balesono (b) Mengetahui prestasi belajar Matematika siswa kelas IV SDN Balesono melalui penerapan pendekatan CTL. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Adapun instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpul data adalah lembar observasi kegiatan belajar mengajar, lembar kerja siswa, angket, dan soal tes. Dari hasil analisa data diketahui bahwa prestasi belajar siswa kelas IV semester I SDN Balesono pada materi operasi hitung yang melibatkan uang mengalami peningkatan melalui penerapan pembelajaran dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning. Hasil penelitian dan observasi menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada siklus I sebesar 66,67% meningkat pada siklus II menjadi 91,67%. Sedangkan berdasarkan hasil evaluasi tes, terjadi peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 22,22%, yaitu dari 70,37% pada siklus I dan meningkat menjadi 92,59% pada siklus II.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsini. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Chotimah, Hu'snul. M.Pd. Dra. 2007. Model-model Pembelajaran untuk PTK. Malang: Yayasan Pendidikan Universitas Negeri Malang

Departeman Pendidikan Nasional. 2002. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning (CTL)). Jakarta: Depdiknas.

Poerwadarminta, W.J.S. 2005. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Tim Bina Karya Guru 2004. Terampil Berhitung Matematika untuk SD Kelas IV. Jakarta: Erlangga

Wardhani, IGAK. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka.

Winataputra, Udin. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: universitas Terbuka


Article Metrics

Sari view : 64 times
PDF View : 37 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar


STKIP PGRI Tulungagung Jalan Mayor Sujadi Timur Nomor 7, Plosokandang, Kedungwaru, Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66229 Telepon: (0355) 32142

email: pena.sd@stkippgritulungagung.ac.id

E-ISSN: 2477-8486