PENINGKATAN KEMAMPUAN DAN HASIL BELAJAR SISWA UNTUK MEMAHAMI ISI BACAAN MELALUI MODEL DISCOVERY DI KELAS VI SDN KENDALBULUR II TULUNGAGUNG

FRITA DEVI ASRIYANTI


DOI: http://dx.doi.org/10.29100/jpsd.v2i02.450

Sari


Bahasa Indonesia merupakan bahasa resmi dari negara Indonesia yang keberadaannya sudah dijadikan sebagai bahasa persatuan oleh rakyat Indonesia. Dalam bahasa Indonesia mencakup beberapa aspek penting yang ada di dalamnya yaitu aspek mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Dari beberapa aspek seperti yang dikemukakan di atas, peneliti akan memilih salah satu aspek yang terdapat pada pembelajaran bahasa Indonesia yaitu aspek membaca. Berdasarkan pada pembahasan yang telah diuraikan diatas, maka peneliti menyimpulkan bahwa: (1) Dengan menggunakan media teks bacaan, situasi belajar pada siswa yang menemukan sendiri jawaban sangat terlihat seperti siswa bekerja sama dalam kelompok, siswa membaca secara intensif sebuah bacaan, siswa bertanya pada guru tentang materi yang belum dipahami, siswa secara berkelompok dan individu mencoba menemukan sendiri kalimat utama yang ada pada tiap paragraf dan menulisnya lagi menjadi sebuah ringkasan cerita, dan siswa berani menanggapi hasil presentasi dari kelompok lain. Dengan menggunakan model discovery pada mata pelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dengan adanya peningkatan hasil belajar pada siklus I pertemuan pertama dan pertemuan kedua dan siklus II pada pertemuan pertama dan pertemuan kedua dengan nilai rata-rata pada pra tindakan 58,86, setelah diberi tindakan pada siklus I pertemuan pertama 62,86 dan siklus I pertemuan kedua 73,33. Pada tahap pelaksanaan siklus II pertemuan pertama nilai rata-rata kelas mencapai  67,38  dan siklus II pertemuan kedua mencapai 78,57. Hal ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia siswa dengan menggunakan model discovery.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akbar, Sa’dun. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta : Cipta Media Aksara.

Akbar, Sa’dun; Faridatuz, Luluk. 2009. Prosedur Penyusunan Laporan dan Artikel. Yogyakarta : Cipta Media Aksara.

Akhadiah, Sabarti dkk. 1991. Bahasa Indonesia I. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Arikunto, S. 1999. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta : Rineka Cipta.

Degeng, Nyoman Sudana. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Malang: Depdiknas Universitas Negeri Malang.

Dimyati & Moedjiono. 1992. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud RI.

Dimyati & Moedjiono. 1994. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud RI.

Hamalik, Oemar. 2009. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Ismawati, Esti. 2011. Perencanaan Pengajaran Bahasa. Surakarta : Yuma Pustaka.

Kasbolah, Kasihani. 1998. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Kuntjojo. 2010. Model-model Pembelajaran. Kediri : Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Mulyati. 2007. Keterampilan Berbahasa Indonesia di SD. Jakarta : Universitas Terbuka.

Muslich, Masnur. 2009. Melaksanakan PTK Penelitian Tindakan Kelas Itu Mudah. Jakarta : Bumi Aksara.

Mustakim. 1994. Membina Kemampuan Berbahasa Panduan ke Arah Kemahiran Berbahasa. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Purwanto, Ngalim. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Santosa, Puji dkk. 2008. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta : Universitas Terbuka.

Solchan. 2007. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta : Universitas Terbuka.

Wibawa, B. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.


Article Metrics

Sari view : 90 times
PDF View : 60 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar


STKIP PGRI Tulungagung Jalan Mayor Sujadi Timur Nomor 7, Plosokandang, Kedungwaru, Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66229 Telepon: (0355) 32142

email: pena.sd@stkippgritulungagung.ac.id

E-ISSN: 2477-8486