KEEFEKTIFAN PENERAPAN CHEMISTRY GOLDEN BELL (CGB) TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SD

DIDITH AMBARA PRAMUDITYA


DOI: http://dx.doi.org/10.29100/jpsd.v2i02.447

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan pada motivasi dan prestasi belajar matematika SD peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan teknik Chemistry Golden Bell (CGB) dan yang mengikuti pembelajaran tidak dengan teknik CGB jika pengetahuan awal matematika SD dikendalikan secara statistik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian satu faktor, dua sampel, dan satu kovariabel. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data pengetahuan awal matematika SD, motivasi belajar matematika SD, data prestasi belajar matematika SD peserta didik, dan data keefektivan pelaksanaan teknik CGB. Data motivasi belajar matematika SD peserta didik dianalisis menggunakan uji-t, data prestasi belajar matematika SD peserta didik dianalisis menggunakan analisis kovariansi (anakova), dan keefektifan pelaksanaan teknik CGB dianalisis menggunakan konversi skor menjadi nilai skala 5.Hasil penelitian menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan pada motivasi dan prestasi belajar matematika SD peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan teknik CGB dan yang mengikuti pembelajaran tidak dengan teknik CGB. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik CGB tidak efektif untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika SD. Meski demikian, penerapan teknik CGB dalam pelaksanaan pembelajaran materi Larutan Penyangga dapat dikatakan cukup efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran, melihat dari hasil pengisian lembar observasi dan lembar responden untuk keefektifan pelaksanaan pembelajaran

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


--------------. 2006. Peraturan Mendiknas No 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

--------------. 2006. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SMA/MA. Jakarta :BSNP.

Arifin, Mulyati. 2005. Pengembangan Program Pengajaran Bidang Studi Matematika SD.Surabaya: Airlangga University Press.

Arikunto, Suharsimi. 2003. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Peneltian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Damayanti, Indah. 2011. Perbandingan Penerapan Metode Mind Mapping Dengan Metode Number One Quis Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika SD Peserta Didik Kelas X SMA Muhhamadiyah 2 Yogyakarta Tahun 2010/2011. Skripsi Tidak Diterbitkan. Yogyakarta: FMIPA UNY.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2010 . Guru & Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Effendy. 2002. “Media Komunikasi Matematika SD, Upaya untuk Mengatasi Kesalahan Konsep dalam Pengajaran Matematika SD dengan Menggunakan Strategi Konflik Kognitif”.Jurnal Ilmu Matematika SD dan Pembelajarannya Hlm 1-6.

Firman, Harry. Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP UPI. 2007. “Pendidikan Matematika SD”. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagian III. Bandung: PT. Imperial Bhakti Utama.

Hyun, Lee Ji. 2004. Star Golden Bell. Korea.

Makmun, Abin Syamsudin. 2003. Psikologi Kependidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Mulyani, Tri. 2000. Strategi Pembelajaran (Learn-ing & Teaching Strategy). Yogyakarta : UNY.

Nugiantoro, Gunawan dan Marzuki, Burhan. 2002. Statistik Terapan untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Pulungan, Intan. 2008. Jurnal Pengaruh Metode Pembelajaran dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa. Serang: Balai Diklat Keagamaan Medan.

Ridwan dan Sunarto. 2009. Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan,Sosial, Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis. Bandung: CV Alfabeta.

Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelaja-ran. Jakarta: Kencana

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Bero-rientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Bero-rientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sastrawijaya, Tresna. 1988. Proses Belajar Menga-jar Matematika SD. Jakarta: Depdikbud.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Sugihartono. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogya-karta: UNY Press.

Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Ban-dung: Alfabeta.

Susanti, Muchtar, Eva dan Zainuddin. 2008. Jurnal Pendekatan Project Based Learning untuk Pembelajaran Matematika SD Koloid di SMA. Sumatera Utara: FMIPA Universitas Negeri Medan.

Uno, Hamzah B.. 2008. Teori motivasi & Penguku-rannya. Jakarta : Bumi Aksara.

Wibowo, Jatmiko. 2011. Rangking 1. Jakarta: Ar Ruzz Media.

Widoyoko, Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Winarsunu ,Tulus. 2002. Statistik Dalam Penelitian Psikologi Pendidikan. Malang:UMM Press.


Article Metrics

Sari view : 10 times
PDF View : 6 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar


STKIP PGRI Tulungagung Jalan Mayor Sujadi Timur Nomor 7, Plosokandang, Kedungwaru, Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66229 Telepon: (0355) 32142

email: pena.sd@stkippgritulungagung.ac.id

E-ISSN: 2477-8486