ANALISIS PEDAGOCICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) TERHADAP BUKU GURU SD DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

GAGUK RESBIANTORO


DOI: https://doi.org/10.29100/jpsd.v2i01.443

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis Pedagogical Content Knowledge (PCK) terhadap buku guru SD dalam implementasi kurikulum 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Analisis PCK yang diukur terdiri dari 7 komponen yaitu knowledge of science, knowledge of goals, knowledge of students, knowledge of curriculum organization, knowledge of teaching, knowledge of assessment, and knowledge of resources. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tes objektif dan tes lisan. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Persentase nilai rata-rata analisis PCK terhadap buku guru SD secara keseluruhan adalah sebesar 56,67% yang termasuk dalam kategori cukup. 2) Persentase nilai rata-rata analisis PCK terhadap buku guru SD tertinggi adalah indikator pengetahuan terhadap konten sains (Knowledge of science, KoSc) sebesar 65,67% (kategori baik), sedangkan persentase nilai rata-rata analisis PCK terhadap buku guru SD terendah adalah indikator pengetahuan terhadap karakteristik siswa (Knowledge of students, KoSt) sebesar 26,67% (kategori kurang sekali). 3) Analisis PCK terhadap buku guru SD secara umum termasuk kategori cukup

Article Metrics :

References


Arikunto, S. 2006, Dasar-dasar Evaluasi Pendidi-kan Edisi Revisi, Jakarta, Bumi Aksara.

Arifin, M. 2000, Strategi Belajar Mengajar , Ban-dung, FMIPA Universitas Pendidikan Indo-nesia.

Arikunto, S. 2005, Prosedur Penelitian Suatu Pen-dekatan Praktik Cet. Ke- 12, Jakarta, Rineka Cipta.

Ardiansyah, A. I. & Bahriah, E. S., 2016, Persepsi-Siswa Terhadap Penggunaan Instrumen Three-Tier Multiple Choice Berbantuan Microsoft Office Excel, EduChemia (Jurnal dan Pendidikan),vol.1, no. 2, hh.204-214.

Barke, D. H., Hazri, A., & Ytibarek, S, 2009, Mis-conceptions in Chemistry Addressing Pre-conception in Chemical Education German, Spriger.

BNSP, 2006, Panduan Penyusunan KTSP Jenjang Dikdasmen, Depdiknas.

Demirkasimoglu, N. 2010, Defining teacher pro-fessionalism from different perspectives, Procedia Social and Behavioural Sciences, vol. 9, hh. 2047-2051.

Depdiknas, 2005-a, Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Jakarta, Fokus-media.

K. Abella, S, 2008, Twenty Years Later: Does pe-dagogical content knowledge remain a useful idea?, International Journal of Science Education, Vol. 30, No. 10, hh. 1405–1416.

Loughran J., Amanda Berry & Pamela Mulhall, 2006, Understanding and Developing Science Teachers’ Pedagogical Content Knowledge, Rotterdam, Sense Publishers.

Munandar, Muslimin Ibrahim, & Leny, Y., 2015, Model Learning Cycle untuk Transformasi Pedagogik pada Mahasiswa Pendidikan Biologi: Suatu Model Hipotetik untuk Me-ningkatkan Profesional Calon Guru, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2015, Malang, 21 Maret2015.

Menteri PANRB, 2009, Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Rerofmasi Birokrasi No. 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru dan AngkaKreditnya.

NSTA & AETS, 2003, Standards for Science Teacher Preparation Speck, M & C.

Puslitjak, 2013, Draft Kajian Pencapaian Pening-katan Profesionalisme dan Distribusi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Jenjang Dikmen, Tidak Diterbitkan, Jakarta, Puslitjak Kemendikbud.

Rollnicka, Marissa; Judith Bennettb; Mariam Rhemtulaa; Nadine Dharseyc; Thandi Ndlovua, 2008, The Place of Subject Matter Knowledge in Pedagogical Content Knowledge: A case study of South African teachers teaching the amount of substance and chemical equilibrium, International Journal of Science Education, Vol. 30, No.10, hh. 1365–1387.

Shulman, L. S., 1986, Those who understand knowledge growth in teaching, Educational Researcher, vol. 15, no. 2, hh.4–14.

Saga, H., 2012, Dampak Kesejahteraan Guru Terhadap Mutu Input LPTK, Depdikbud.

Sukardi 2007, Metodologi Penelitian Pendidikan, Yogyakarta, Bumi Aksara.

Sukmadinata, S. N. 1997, Pengembangan Kuriku-lum, Bandung, Remaja Rosda Karya.

Sudjana 2006, Evaluasi Program Pendidikan, Bandung, Falah Production.

Tumisem, Arif Husein, 2013, Analisis Dominasi Kompetensi Profesional Guru SDyang Ter-sertifikasi di SMP Kabupaten Banyumas Bagian Barat Melalui Pendidikan Karakter, Sainteks Vol. X, No 2 Oktober 2013. UNDP 2010, Human Development Report: 40-year Trends Analysis Shows Poor Countries Making Faster Development Gains, Diakses melalui: http://hdr.undp.org/en/content /human-development-report-2010

Presiden RI, 2005, UU RI No. 14 Tahun 2005 Ten-tang Guru dan Dosen.

World Economic Forum Geneva Switzerland, 2000, The Global Competitiveness Report 2000, New York, Oxford University Press.