PENGGUNAAN STRATEGI LEARNING CELL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD DI KECAMATAN SUMBERGEMPOL TAHUN 2016

DESY KARTIKASARI


DOI: https://doi.org/10.29100/jpsd.v2i01.436

Abstract


Matematika merupakan salah satu ilmu pengetahuan penting dalam kehidupan sehari-hari yang memerlukan pengamalan nyata untuk mencetak peserta didik agar benar-benar menjadi manusia Indonesia yang berpikir kritis.Berawal dari permasalahan ini perlu adanya perubahan dalam pembelajaran Matematika, salah satunya yaitu menerapkan pembelajaran dengan model pembelajaran Strategi learning cell.Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui dengan penggunaan Strategi Learning Cell dapat meningkatkan motivasi belajar matematika Siswa SD di Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung Tahun 2016. Sedangkan hipotesis dalam penelitian ini jika penggunaan strategi learning cell diterapkan dalam proses pembelajaran maka motivasi belajar matematika Siswa SD di Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung Tahun 2016 akan meningkat.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, wawancara dan tes.Observasi untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran.Dari tes diperoleh nilai belajar siswa yang selanjutnya digunakan pengujian hipotesis. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, angket dan tes. Dari hasil tersebut diperoleh nilai ketuntasan tes awal 60,00 %, tes siklus I 76,67 %, dan tes Siklus II 93,33 %. Terjadinya peningkatan nilai dari tes awal, Siklus I dan Siklus II karena adanya kretivitas dan motivasi guru. Aktivitas guru dalam pembelajaran dari awal 70,00%, siklus I 72,50%, dan siklus II 87,50% menunjukkan peningkatan aktivitas guru. Aktivitas siswa dalam pembelajaran dari awal 55,00%, siklus I 75,00%, dan siklus II 96,25% menunjukkan peningkatan. Sehingga aktivitas guru dan siswa pada akhirnya tergolong sangat baik. Angket respon siswa dari awal 1,20, siklus I 1,28, dan siklus II 1,77 menunjukkan peningkatan. Pada akhirnya respon siswa tergolong sangat positif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan dengan model pembelajaran Strategi learning cell dapat meningkatkan motivasi belajar matematika bagi Siswa SD di Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung Tahun 2016.

Article Metrics :

References


Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta :Rineksa Cipta

Felder, Richard M. 1994. Cooperative Learning in Technical Corse, (on line),

Hadi, Sutrisno. 1982. Metodologi Research, Jilid 1.yogyakarta : YP. Fak. Psikologi UGM.

Margono, S.1996. Metodologi Penelitian Pendidi-kan. Jakarta; Rineksa Cipta.

Ridwan .2005. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan penelitiPemula. Ban-dung: Alfabeta.

Soetomo. 1993. Dasar-dasar Interaktif Belajar Mengajar. Surabaya Usaha Nasional