PENERAPAN MODEL TALKING STICK DENGAN MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS III SDN KAMPUNGDALEM 1 TULUNGAGUNG

RIA FAJRIN RIZQY ANA


DOI: https://doi.org/10.29100/jpsd.v2i01.433

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model talking stick dan power point dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPS pada siswa kelas III SDN Kampungdalem 1 Tulungagung (2) mendeskripsikan peningkatan kualitas pembelajaran IPS melalui model talking stick pada siswa kelas III SDN Kampungdalem 1 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini diawali dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian diperoleh persentase siswa  yang tuntas belajar pada siklus 1 yaitu 52%. Persentase tersebut masih belum memenuhi standar yang telah ditetapkan, yaitu 70%, maka dilanjutkan pada siklus 2. Pada siklus 2 persentase siswa yang tuntas belajar naik menjadi 86%.


Article Metrics :

References


Ramadhan, Tarmizi. 2010. Talking Stick,(Online), (http://tarmizi.wordpress.com/2010/02/15/talking-stick, 15 Februari 2011

Rosdiana, Yusi dkk. 2009. Bahasa dan Sastra Indo-nesia di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suparno. 2007. Keterampilan Dasar Menulis. Ja-karta: Universitas Terbuka.

Tim Puskur. 2006. Badan Standar Nasional Pendi-dikan (BSNP). Jakarta: Depdikbud.

Wiriaatmadja, Rochiati. 2006. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Ros-dakarya.