PENERAPAN PENUGASAN PORTOFOLIO DENGAN PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI DAN MASYARAKAT (STM) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIVAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII IPS SEMESTER I SMA MUHAMMADIYAH KOTA TERNATE

Dahri Hi Halek

Sari


Penelitian ini dimaksudkan untuk menguji Apakah Penerapan Penugasan Portofolio dengan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XII SMA Muhammadiyah Kota Ternate dalam pelajaran Geografi pada materi Konsep Wilayah, Pewilayahan dan Pertumbuhan?

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus tindakan, setiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan selama 2 jam pelajaran. Subjek penelitian yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas ini yaitu siswa kelas XII-IPS semester ganjil tahun ajaran 2015-2016 SMA Muhammadiyah Kota TernateĀ  yang berjumlah 28 siswa, terdiri 12 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan.

Bagi guru yang mengampu mata pelajaran Geografi dapat mencoba Penerapan Penugasan Portofolio dengan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) ini. Dengan memperhatikan modifikasi tertentu sesuai sifat, karakteristik keilmuannya, terutama guru yang kesulitan dalam meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.