PENGEMBANGAN BUKU AJAR IPA BERBASIS PROBLEM SOLVING SISWA KELAS V SD

Bagus Amirul Mukmin

Sari


Berdasarkan hasil observasi, siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi IPA karena sumber belajar yang digunakan dirasa menyulitkan siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu adanya buku ajar yang sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan, dan kepraktisan buku ajar IPA berbasis Problem Solving.

Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 01 Kuningan, Semarang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D). Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket respon siswa dan guru, angket validasi oleh ahli, lembar evaluasi, dan dokumentasi.

Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif  meliputi keefektifan, dan kepraktisan. Hasil penelitian menunjukan bahwa buku ajar IPA berbasis Problem Solving  yang dikembangkan efektif terbukti dari hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Kepraktisan berdasarkan validasi ahli, respon guru dan siswa secara klasikal dengan kategori sangat baik.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah buku ajar IPA berbasis Problem Solving  yang dikembangkan adalah efektif, dan praktis. Saran bagi guru yaitu buku ajar IPA berbasis Problem Solving  ini bisa menjadi sumber belajar bagi siswa kelas V SD.

Kata Kunci: Buku ajar,problem solving, hasil belajar.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.