PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATAKULIAH PKn SD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PGSD

Eries Norma Yusmita

Sari


Penelitian ini dilaksanakan karena adanya masalah yang terlihat pada guru-guru di SD,ditemukan fakta bahwa lulusan program studi PGSD belum mampu mengarahkan siswa untuk belajar mandiri dan memahami materi PKn SD dengan baik. Siswa hanya bisa memahami materi dengan cara menghafal saja sehingga kemampuan berpikir kritis yang harus dimiliki siswa tidak berkembang secara maksimal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa PGSD pada matakuliah PKn SD  dan mendeskripsikan penerapan model PBM pada mata kuliah tersebut yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa.

Dari hasil penelitian diperoleh bahwa penerapan model PBM pada mata kuliah PKn SD mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan peneliti pada penelitian ini tercapai pada siklus II, yaitu persentase jumlah mahasiswa yang mendapatkan minimal skor 75 pada tes kemampuan berpikir kritis meningkat dari 67% menjadi 87%; hal ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis mahasiswa semakin baik. Selain itu persentase aktivitas mahasiswa meningkat dari 62% menjadi 87%; hal tersebut menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa dalam berdiskusi dan menyelesaikan masalah saat proses pembelajaran di kelas semakin baik. Hal ini juga berarti kemampuan mahasiswa mengkritisi informasi atau ide semakin baik pula.

Kata kunci: Model PBM, Kemampuan Berpikir Kritis, Mata Kuliah PKn SD


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.