PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATAKULIAH PENDIDIKAN SAINS SD UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP MAHASISWA PGSD

Alik Mustafidal Laili


DOI: https://doi.org/10.29100/jpsd.v1i02.166

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan karena adanya masalah yang terlihat pada guru-guru di SD, ditemukan fakta bahwa lulusan program studi PGSD tidak mampu mengarahkan siswa untuk belajar mandiri dan memahami materi IPA SD dengan baik. Guru yang berasal dari lulusan PGSD hanya menjelaskan tanpa memberikan pemahaman dan pengalaman secara langsung kepada siswa untuk mendalami materi. Siswa hanya bisa memahami materi dengan cara menghafal saja sehingga penguasaan konsep yang harus dimiliki siswa tidak berkembang secara maksimal. PBL memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanggung jawab pada proses pembelajaran mandiri sekaligus mengembangkan kemampuan dan keterampilan evaluasi melalui analisis permasalahan kehidupan nyata. Oleh karena itu, salah satu usaha yang dapat dilakukan dosen untuk meningatkan penguasaan konsep mahasiswa adalah dengan menerapkan model Problem Based Learning pada mata kuliah Pendidikan Sains SD.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa PGSD pada matakuliah Sains SD  dan mendeskripsikan penerapan model PBL pada mata kuliah tersebut yang dapat meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa.

Dari hasil penelitian diperoleh bahwa penerapan model PBL pada mata kuliah Sains SD mampu meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa. Kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan peneliti pada penelitian ini tercapai pada siklus II, yaitu persentase jumlah mahasiswa yang mendapatkan minimal skor 75 pada tes penguasaan konsep meningkat dari 67% menjadi 87%; hal ini menunjukkan bahwa penguasaan konsep mahasiswa semakin baik. Selain itu persentase aktivitas mahasiswa meningkat dari 62% menjadi 87%; hal tersebut menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa dalam berdiskusi dan menyelesaikan masalah saat proses pembelajaran di kelas semakin baik.

Kata kunci: Model PBL, Penguasaan Konsep, Mata Kuliah Sains SD


Article Metrics :