INTEGRASI MATERI UNDHA USUK BASA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA SD

Rahmad Setyo Jadmiko

Sari


Undha usuk basa merupakan ragam bahasa atau variasi-variasi bahasa yang perbedaan antara satu dan lainnya ditentukan oleh perbedaan sikap santun yang ada pada diri pembicara terhadap lawan bicara dan yang dibicarakan. Variasi bahasa jawa wajib diajarkan pada jenjang Sekolah Dasar. Penataan materi ajar yang tepat bisa meningkatkan keberhasilan pembelajaran. Pendekatan penataan materi dengan analisis kontrastif dapat memrediksi kesulitan berbahasa anak didik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kesulitan anak didik dalam menguasai undha usuk basa yang bertujuan menemukan (1) kelompok kata ragam ngoko-krama (2) mengurutkan kelompok kata ngoko-krama dari yang mudah ke sulit.

Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kata bahasa jawa yang didapat secara tulis dan lisan. Korpus data berupa kosakata bahasa Jawa ragam ngoko dan krama. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pustaka dan catat sebagai teknik lanjutannya. Analisis data dilakukan dengan analisis kontrastif dengan cara membandingkan struktur bahasa pertama dan bahasa kedua, memprediksi kesulitan belajar dan kesalahan berbahasa, memilih bahan pengajaran, dan menentukan cara penyajian bahan secara tepat dalam rangka mengefisienkan dan mengefektifkan bahasa kedua.

Dari hasil analisis data ditemukan (1) kosakata yang paling mudah dipahami oleh seorang anak dimulai dari kata yang memiliki silaba terbuka, berturut-turut kemudian silaba terbuka-tertutup, tertutup-terbuka dan pada akhirnya silaba tertutup-tertutup dan (2) integrasi materi undha usuk basa dalam pembelajaran bahasa Jawa ragam krama yang digunakan cenderung memiliki bentuk yang mirip dengan padanan ngokonya dan perbedaannya tidak begitu mencolok. Antara ragam ngoko dengan krama bentuknya mulai beraneka ragam. Berdasarkan hasil temuan, penelitian ini disimpulkan bahwa materi undha usuk basa dapat diintegrasikan dalam sebuah materi dengan taraf kesulitan sesuai jenjang pendidikan.

Kata Kunci: undha usuk basa, materi bahasa jawa, analisis kontrastif


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.