PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGEMBANGAN DIRI DALAM MEMAKAI BAJU MELALUI TEKNIK SHAPING PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS IV SLB KORPRI KAUMAN

TITIN MUNAWAROH


DOI: http://dx.doi.org/10.29100/jpsd.v5i1.1535

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses peningkatan kemampuan program khusus Pengembangan Diri dalam memakai baju dengan teknik shaping dan untuk membuktikan bahwa teknik shaping dapat meningkatkan kemampuan  pengembangan diri siswa tunagrahita khususnya tunagrahita  ringan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan dalam bentuk kolaborator dengan teman sejawat. Subjek penelitian adalah siswa tunagrahita ringan kelas IV di SLB KORPRI Kauman sejumlah 4 orang. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Data program khusus Pengembangan Diri diperoleh melalui observasi, tes dan catatan lapangan. Setelah diberikan perlakuan pada siklus I, siklus II  dan siklus III dapat disimpulkan bahwa teknik shaping dapat meningkatkan kemampuan pengembangan diri  dalam memakai baju pada siswa tunagrahita ringan kelas IV di SLB KORPRI Kauman.
Kriteria keberhasilan penelitian ditetapkan berdasarkan ketercapaian peningkatan kemampuan pengembangan  diri dalam memakai baju yaitu minimal pada kategori baik  Maka dapat disimpulkan bahwa dengan teknik shaping dapat meningkatkan kemampuan pengembangan diri anak tunagrahita ringan. Disarankan kepada sekolah untuk selalu menggunakan teknik shaping dalam pembelajaran pengembangan diri  pada anak  tunagrahita.


Kata Kunci


Pengembangan Diri Memakai Baju; Teknik Shaping; Tunagrahita Ringan

Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics :

Sari view : 32 times
PDF View : 87 times