PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN MEDIA PAPAN FLANEL TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF TEMA 9 SUBTEMA 2 MATERI ENERGI DAN PERUBAHANNYA KELAS IV DI SDN PAKEL

RATNA AZIZAH RAHAYU


DOI: http://dx.doi.org/10.29100/jpsd.v5i1.1532

Abstract


Siswa SDN Pakel pada saat kegiatan pembelajaran banyak yang tidak memperhatikan guru menyampaikan materi pembelajaran sehingga hasil belajar siswa sangat rendah yaitu  mendapatkan nilai 40 yang merupakan nilai dalam kategori rendah dan nilai KKM 65. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti menggunakan strategi pembelajaran interaktif dengan media papan flanel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa pada tema 9 subetma 2 materi energi dan perubahannya kelas IV.
Metode penelitian dalam penetian ini yaitu kuantitatif dan jenis desain quasy eksperimental design. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, wawancara tak terstruktur dan dokumentasi. Instrumen tes diuji cobakan ke Sekolah Dasar untuk mengetahui hasil belajar siswa kemudian diuji validitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Analisis data penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.


Keywords


hasil belajar kognitif; papan flanel; strategi interaktif

Full Text:

PDF (Indonesian)

Article Metrics :

Abstract view : 34 times
PDF (Indonesian) View : 39 times