ANALISIS HARGA PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN PADA PT.ALFAMART KAPTEN MUSLIM MEDAN

Eni Duwita Sigalingging


DOI: http://dx.doi.org/10.29100/jupeko.v3i2.868

Abstract


Harga merupakan faktor yang sangat penting dalam sebuah usaha, karena harga memiliki peranan yang cukup besar dalam kegiatan jual beli. Menetapkan harga yang tepat dan mudah terjangkau oleh konsumen akan meningkatkan volume penjualan dalam setiap usaha, tetapi apabila salah menetapkan harga perusahan juga akan mengalami kerugian karena kurangnya minat konsumen yang membeli produknya. Oleh karena itu dalam menentukan harga promosi perusahaan harus sangat memperhatikan resiko yang akan dihadapi dan menyesuaikan dengan keadaan konsumen pada saat ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peranan harga promosi terhadap peningkatan penjualan pada PT.Alfamart  Kaptem Muslim Medan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif, metode pengumpulan data adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif deskriptif dengan model analisis interaktif. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa peningkatan penjualan pada Alfamart  mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat adanya peningkatan penjualan pada bulan Februari setelah dilakukan harga  promosi. Dengan demikian, ada pengaruh harga promosi terhadap  peningkatan penjualan pada PT.Alfamart Kapten Muslim Medan.


Full Text:

PDF (Indonesian)

Article Metrics :

Abstract view : 133 times
PDF (Indonesian) View : 108 times