ANALISIS PENGARUH HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BATIK BARONG GUNG TULUNGAGUNG

Maria Agatha W., M.Pd.


DOI: http://dx.doi.org/10.29100/jupeko.v3i2.866

Abstract


Kesuksesan dalam persaingan akan dipenuhi apabila perusahaan bisa menciptakan dan dapat mempertahankan pelanggannya. Untuk mencapai tujuan tersebut maka perusahaan memerlukan berbagai usaha, diantaranya dengan menghasilkan produk yang berkualitas dengan harga bersaing merupakan kunci utama dalam memenangkan persaingan. Penjual harus memberikan kualitas dan kepuasan terhadap suatu produk yang dapat diterima oleh konsumen. Dengan kata lain keputusan pembelian konsumen dapat dipengaruhi oleh beberapa hal, antara lain jenis produk, harga, kualitas produk, merek, desain produk, dan waktu pembelian. Hal ini berlaku pula pada usaha batik. Masing-masing produsen batik memiliki kenunggulan, yang menyebabkan konsumen dihadapkan pada pilihan yang beragam karena banyaknya pengusaha batik yang beredar di pasaran dengan keistemewaan masing-masing. Dengan adanya persaingan yang sangat ketat dalam industri batik, perusahaan harus menetapkan strategi yang tepat sehingga dapat mencapai hasil yang diharapkan. Perusahaan Batik Barong Gung merupakan perusahaan batik yang menpunyai prospek perkembangan usaha yang relative setabil, yang tentunya ada strategi tertentu sehingga bisa mencapai hal tersebut, baik dari harga, desain, kualitas, layanan atau hal lain sehingga pembeli memutuskan untuk memilih membeli Batik Barong Gung.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Batik Barong Gung Tulungagung. Analisis yang digunakan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, analisis regresi linear sederhana, uji hipotesis dengan uji t.


Full Text:

PDF (Indonesian)

Article Metrics :

Abstract view : 85 times
PDF (Indonesian) View : 47 times