DAMPAK PENGGUNAAN SOCIAL LEARNING NETWORK “SCHOOLOGY” TERHADAP EFEKTIVITAS PERKULIAHAN DI STKIP PGRI TULUNGAGUNG

Dr. Imam Sukwatus Suja'i
Sukardi Sukardi


DOI: http://dx.doi.org/10.29100/jupeko.v3i1.634

Abstract


Salah satu upaya yang mungkin dapat dilakukan untuk mengatasi masalah adanya indikasi penurunan minat/kejenuhan mahasiswa pada sistem perkuliahan konvensional yakni tatap muka dengan metode ceramah dan diskusi dalam kelas adalah dengan membuat ekstensi untuk berinteraksi di luar kelas. Dalam hal ini, pemanfaatan teknologi yang memiliki fungsi diskusi seperti layaknya di ruang kelas nyata tatap muka tersedia melalui pembelajaran berbasis online Schoology.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) persepsi mahasiswa terhadap penggunaan social learning network schoology dalam pengaturan model blanded learning, & (2) perbedaan rerata hasil belajar mahasiswa yang diajarkan dengan menggunakan social learning network schoologydalam pengaturan model blanded learning dengan mahasiswa yang diajarkan melalui diskusi tatap muka di kelas konvensional.

Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen, yaitu menjelaskan dampak penerapan social learning schoology terhadap efektivitas perkuliahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) data survey melalui teknik angket memberikan gambaran bahwa pembelajaran dengan menggunakan bantuan media schoology sangat menguntungkan, dan (2) tidak ada perbedaan rerata hasil belajar mahasiswa yang diajarkan dengan menggunakan social learning schoologydalam pengaturan model blanded learningdengan mahasiswa yang diajarkan melalui diskusi tatap muka di kelas konvensional.

Temuan penelitian ini menjadi acuan bagi setiap dosen untuk memanfaatkan media online schoologydalam pembelajaran. Keuntungan-keuntungan yang telah disebutkan menjadi sebuah penekanan bahwa untuk dapat memaksimalkan proses pembelajaran, penting bagi dosen untuk memanfaatkan media pembelajaran yang relevan. Salah satu strategi/ model pembelajaran yang diusulkan dalam penelitian ini adalah blanded learning, yaitu menggabungkan pembelajaran konvensional di kelas dengan pembelajaran onlineberbantuan schoology.


Full Text:

PDF (Indonesian)

Article Metrics

Abstract view : 18 times
PDF (Indonesian) View : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jupeko (Jurnal Pendidikan Ekonomi) 
Program Studi Pendidikan Ekonomi
STKIP PGRI Tulungagung Jalan Major Sujadi Timur 7, Plosokandang, Kedungwaru
Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66229
Telepon:(0355) 321426
E-mail:ekonomi@stkippgritulungagung.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats