Analisis Komparatif Tingkat Kepuasan Konsumen Dalam Berbelanja

Abdul Mujib
Chamdan Purnama


DOI: http://dx.doi.org/10.29100/jupeko.v3i1.614

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis perbedaan kepuasan konsumen Indomaret dan Alfamart di kota Mojokerto.

Sampel dalam penelitian ini adalah 370 konsumen yang terdiri dari 185 konsumen Indomaret dan 185 konsumen Alfamaret. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive proporsional sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis menggunakan t-test dengan  alat bantu program SPSS versi 24 for Windows.

Berdasarkan hasil uji t-test, ditemukan bahwa; Pertama, terdapat perbedaan tingkat kepuasan konsumen berdasarkan dimensi lokasi pada Indomaret dan Alfamart. Kedua, terdapat perbedaan tingkat kepuasan konsumen berdasarkan dimensi promosi pada Indomaret dan Alfamart. Ketiga, terdapat perbedaan tingkat kepuasan konsumen berdasarkan dimensi harga pada Indomaret dan Alfamart. Keempat tidak terdapat perbedaan tingkat kepuasan konsumen berdasarkan dimensi kenyamanan berbelanja pada Indomaret dan Alfamart. Kelima, terdapat perbedaan tingkat kepuasan konsumen berdasarkan dimensi kelengkapan produk pada Indomaret dan Alfamart, Keenam, terdapat perbedaan tingkat kepuasan konsumen berdasarkan dimensi pelayanan pada Indomaret dan Alfamart dan Ketujuh, Penilaian responden secara deskriptif menunjukkan bahwa pada dimensi promosi, harga dan kelengkapan produk Indomaret lebih baik dibandingkan dengan Alfamart, namun jika dilihat dari dimensi lokasi, kenyamanan dan pelayanan lebih baik Indomaret dibandingkan dengan Alfamart

Full Text:

PDF (Indonesian)

Article Metrics

Abstract view : 17 times
PDF (Indonesian) View : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jupeko (Jurnal Pendidikan Ekonomi) 
Program Studi Pendidikan Ekonomi
STKIP PGRI Tulungagung Jalan Major Sujadi Timur 7, Plosokandang, Kedungwaru
Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66229
Telepon:(0355) 321426
E-mail:ekonomi@stkippgritulungagung.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats