PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH (ICM) TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI

Dian Novianti Sitompul


DOI: http://dx.doi.org/10.29100/jupeko.v3i1.591

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran index match (ICM) terhadap hasil Belajar Akuntansisi siswa kelas X Akuntansi SMK Negri 7 medan T.P 2016/2017. Penelitian ini di laksanakan di SMK 7 Medan yang beralamat dijalan STM NO 12 E MEDAN. populasi yang Di gunakan adalah kelas X AK-4 dan kelas X AK-3 yang berjumlah 73 orang sisiwa. Teknik pengumpulan sampel yang di gunakan adalah posttest only control Design. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis dan tes tertulis iniberbentuk essay tes yang berjumlah 1 soal 10 transaksi. Dari hasil analisis data post tes kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 72,29 dengan standart deviasi 6,824 dan kelas Eksperimen diperoleh nilai rata-rata 79.58 dengan standart 8.139. penelitian ini menggunakan uji F untuk mengetahui homogenitas data. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t berdasarkan hail perhitungn uji hipitesis harga thitung = 1,6660 berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis maka diperoleh thitung> ttabel (18>1,6660) yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Metode Pembalajaran index card Match (ICM) dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi sisiwa kelas X SMK negri  7 Medan tahun pembelajaran 2016/2017. Hal ini membuktikan bahwa hasil Match (ICM) dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas X SMK Negri 7 Medan tahun pemebelajaran 2016/2017.


Full Text:

PDF (Indonesian)

Article Metrics

Abstract view : 7 times
PDF (Indonesian) View : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jupeko (Jurnal Pendidikan Ekonomi) 
Program Studi Pendidikan Ekonomi
STKIP PGRI Tulungagung Jalan Major Sujadi Timur 7, Plosokandang, Kedungwaru
Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66229
Telepon:(0355) 321426
E-mail:ekonomi@stkippgritulungagung.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats